KPU Lampura Segera Rekrut 115 PPK

Tanggal 03 Okt 2017 - Laporan - 1389 Views
Kegiatan sosialisasi verifikasi partai politik di Kabupaten Lampung Utara.Foto:Yansen.

Harianmomentum--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Utara (Lampura) akan merekrut sebanyak 115 panitia pemilihan kecamatan (PPK) se kabupaten setempat.

 

"Rencananya, pengumuman akan dilaksanakan pada 6 Oktober mendatang," kata Komisioner KPU Afrizal Ria, saat sosialisasi verifikasi partai politik (Parpol) untuk pemilu 2019, Senin (2/10).

 

Menurut dia, perekrutan itu dilakukan guna memperlancar pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Lampura.

 

"Pada 12-15 Oktober berkas calon PPK harus sudah masuk di KPU," kata Aprizal. Untuk kegiatan itu, PPK masih mengacu pada undang-undang pemilu nomor 10 tahun 2012 dan PKPU nomor 11.

 

Terkait persiapan, ia mengatakan, pihaknya telah menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan mengenai pendaftaran tersebut.

 

"Pendaftar dapat menyampaikan berkasnya ke kantor KPU, dan akan dilakukan seleksi berkas. Setelah itu tes tertulis dan wawancara," ujarnya.

 

Ia mengatakan, penyelenggara pemilu baik PPK, PPS hingga KPPS tidak boleh tercemar atau menjadi anggota dan pengurus salah satu partai politik. 

 

Selain itu, anggota PPK tidak boleh menjabat selama dua priode secara berturut-turut. "Misalnya, tahun 2013 pernah menjadi PPK. Kemudian mendaftar lagi tahun ini. Itu tidak diperbolehkan sesuai PKPU Nomor 3 Tahun 2015,” katanya.

 

KPU setempat juga terus memperbaiki data pemilih tiap bulan. Data pembanding dari Disdukcapil dan mengacu data pemilih tahun 2013. 

 

Mengenai verifikasi partai politik, KPU mengharapkan agar partai baru dapat memahami semua persyaratannya, sehingga dapat dilakukan verifikasi faktual dan dilanjutkan pada tahap berikutnya.(yns)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Hanan-Umar untuk Lampung 2024, Hanan: Bisa sa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hanan A Razak resmi mendaftar calon gube ...


Hanan A Razak Ikut Penjaringan Cagub di PDIP ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hanan A Razak resmi mengambil formulir p ...


Hadapi Pilbup, Ismet Roni Masif Sosialisasi d ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Perlahan tapi pasti, sejak mendapatkan s ...


Nyalon Bupati Pringsewu, Ririn Kuswantari Iku ...

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung Fraksi Gol ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com