Kopi Mang Encah Hadir di PLN TJSL Festival 2021

Tanggal 16 Nov 2021 - Laporan - 433 Views
Kopi Mang Encak memproduksi lima jenis produk kopi. Kini merambah ke coffee shop untuk membantu pemasaran petani kopi organik di Lampung Barat.

MOMENTUM, Bandarlampung--PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pengendalian Pembangkit (UPDK) Bandarlampung ikut memeriahkan PLN Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Festival 2021.

Dalam festival yang digelar secara virtual pada 10-23 November, itu PLN menghadirkan UMKM Kopi Mang Encak. Produk koopi organik yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia.

Usaha Mang Encak berdiri pada 2010 dengan karyawan tiga orang dan petani organik tujuh orang. Mulanya penjualan kopi tersebut dipasarkan ke karyawan PLTA Besai dan UPDK Bandarlampung sejak 2017.

Pada 2018, PLN memberikan bantuan sertifikasi pertama. Mengingat branding organik akan lebih diyakini pembeli jika ada sertifikasi yang dikeluarkan oleh badan sertifikasi.

Tahun 2018, omset penjualan perbulan mencapai 200 -250 kemasan. Tahun 2021 penjualan mengalami peningkatan hingga mencapai 800-1.000 kemasan perbulan. Karyawan juga sudah bertambah menjadi 10 orang, bahkan di 2021 ini PLN juga telah memberikan bantuan diversifikasi bisnis dengan merambah penjualan gula aren.

Bisnis kopi akan sangat berkembang jika petani kopi mampu menjual langsung produknya ke penikmat kopi. Di tahun 2021 ini juga PLN memberikan bantuan bantuan pembuatan outlet coffee shop yang pada saat launching juga dihadiri oleh Bupati Lampung Barat.

PLN TJSL Festival 2021 merupakan agenda tahunan dalam upaya PLN mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta medorong perputaran ekonomi dengan kegiatan usaha pelaku UMKM.

Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 10 sampai dengan 23 November 2021, dan dapat diakses melalui tjslpln.co.id. Event ini juga mempromosikan lebih dari 1.200 produk unggulan dari 250 usaha mikro dan kecil (UMK) mitra binaan PLN agar dapat meningkatkan kapabilitas dan profitabilitasnya dalam menghadapi pandemi Covid 19.

PLN UPDK Bandarlampung berharap dengan adanya kegiatan TJSL Festival ini, pelaku UMKM di lingkungan kantor UPDK maupun ULPL dapat lebih dikenal masyarakat luas dan semoga kegiatan ini dapat lebih meningkatkan pendapatan perekonomian para pelaku UMKM mitra binaan PLN.

Untuk melakukan pembelian produk, masyarakat bisa mendownload aplikasi PLN TJSL Marketplace yang tersedia di Playstore. Ayo dukung mitra binaan UMKM PLN dalam ajang PLN TJSL Festival 2021. Dapatkan produk menarik dari kami. (*)

Editor: Nurjanah/rls

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kabar Gembira, RS Belleza Kedaton Kini Layani ...

MOMENTUM, Bandarlampung--'Kabar gembira bagi masyarakat Lampung. ...


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com