PSTM Sungaiburung Tanam Ribuan Bibit Mangrove

Tanggal 21 Des 2021 - Laporan - 517 Views
Uspika Denteteladas bersiap melakukan penanaman bibit mangrove di kawasan pantai Kampung Sungaiburung

MOMENTUM, Denteteladas--Upaya pelestarian lingkungan di kawasan pesisir harus terus dilakukan. Salah satu tujuanya untuk mencegah terjadinya abrasi.

Terkait hal tersebut, kelompok Persatuan Sejahtera Tani Mangrove (PSTM) melakukan penanaman 501.683 bibit bakau (bakau) di kawasan pantai Kampung Sungaiburung, Kecamatan Denteteladas, Kabupaten Tulangbawang, Selasa, (21-12-2021).

Ketua PSTM Kampung Sungaiburung Mashuri mengatakan, penanaman mangrove itu merupakan program Dinas Kehutanan Provinsi Lampung. Anggaranya bersumber dari Dana Alokasi Khusun (DAK) Tahun Anggaran 2021.

"Program ini bertujuan mencegah abrasi pantai. Sekaligus meningkatkan pendapatan nelayan karen kawasan hutan mangrove merupakan tempat hidup dan berkembangbiaknya berbagai biota laut,seperti ikan, kerang dan kepiting," kata Mashuri.

Samsudin pengurus PSTM setempat menambahkan, penanaman penanaman mangrove itu mencapai 120 hektar. "Kami bukan saja melakukan penanaman, tapi juga penyulaman bibit mangrove yang mati," kata Samsudin.

Kepala Kampung Sungaiburung Asnur Alamsyah menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Dinas Kehutanan Provinsi Lampung yang telah memberikan bantuan bibit mangrove tersebut.

"Mudah-mudahan dengan adanya penanaman ini, kawasan pantai di kampung kami akan semakin hijau, jauh dari ancaman abrasi. Sekaligus meningkatkan pendapatan penduduk yang sebagian besar nelayan," harapnya. 

Pada kesempatan itu, Asnur juga menyampaikan harapan masyarakat kepada pemerintah daerah setempat.

"Masyarakat berharap ada pembangunan jalan darat menuju Kampung Sungaiburung ini, agar transportasi dan perekonomian warga semakin lancar dan meningkat," tulisnya.

Kegiatan penanaman mangrove tersebutm juga dihadiri oleh Unsur Pimpinan Kecamatan Deteteladas. (**)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BWI Tulangbawang Punya Ketua Baru ...

MOMENTUM, Menggala--Pengurus perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BW ...


Puluhan JULEHA Metro Dilatih Penyembelihan AS ...

MOMENTUM, Metro--Puluhan  Juru Sembelih Halal (JULEHA) Kota Metr ...


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com