Warga dan BPBD Gotong Royong Normalisasi Boloran

Tanggal 09 Jan 2022 - Laporan - 625 Views
Tim BPBD Pringsewu bergotong royong bersama warga menormalisasi saluran air primer di Dusun Margabatin, Pekon Pardasuka, Kecamatan Pardasuka

MOMENTUM, Pardasuka--Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pringsewu melaksanakan normalisasi boloran (saluran air primer) di Dusun Margabatin,Pekon Pardasuka, Kecamatan Pardasuka.

Kegiatan normalisasi yang berlangsung selama tiga hari: Jumat hingga Minggu (7 sampai 9 Januari 2021) itu dilaksanakan dengan bergotong royong.

Analis Kebencanaan pada BPBD Kabupaten Pringsewu Agus Purnomo mengatakan, gotong royong normalisasi boloran itu melibatkan warga tiga dusun: Margabatin, Jatiagung dan Dusun Ujunggunung.

"Alhamdulillah berkat bantuan warga dam bantuan alat berat eksavator mini dari Brigade Al Shintan Kabupaten Pringsewu, normalisasi boloran ini bisa selesai seratus persen selama tiga hari," kata Agus Purnomo mewakili Kepala BPBD Kabupaten Pringsewu Edi Sumber Pamungkas.

Dia menerangkan, total panjang boloran yang dinormalisasi itu mencapai 800 meter dengan lebar 3 meter dan kedalaman 1,5 meter.

"Normalisasi ini atas inisiasi Babinsa setempat Sertu Martoyo bersama Kepala Pekon Pardasuka, untuk mencegah banjir, karena kondisi boloran terjadi penyempitan dan pendangkalan," ungkapnya.

Dia menyebut selama bulan Desember tahun 2021, warga di kawasan boloran tersebut sudah dua kali kebanjiran.

"Warga di sini sering kebanjiran. Setelah dilakukan survei dan kajian, ternyata penyebabnya adalah penyempitan dan pendangkalan boloran. Karena itu, Babinsa bersama kepala pekon berkoordinasi dengan kami (BPBD) untuk melakukan normalisasi boloran ini," jelasnya.

Ismail tokoh pemuda setempat menyampaikan terima kasih atas kegiatan normalisasi tersebut. Dia berharap, banjir tidak kembali terjadi di kawasan tersebut.

"Mudah-mudahan setelah dinormalisasi, tidak ada banjir lagi. Kami juga mengimbau warga untuk bersama-sama menjaga kebersihan. Jangan membuang sampah ke boloran, agar aliran air tetap lancar," imbaunya. (**)

Laporan: sulistiyo

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Delapan Pejabat Eselon II di Tanggamus Dimuta ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan ...


749 Pegawai di Tanggamus Terima SK PPPK ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irs ...


FGD DLH Pesibar, Instrumen Lingkungan Harus M ...

MOMENTUM, Krui -- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir ...


Warga Bulukerto Berharap Perbaikan Jembatan G ...

MOMEBTUM, Gadingrejo--Masyarakat Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadin ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com