Rejosari Optimistis Menang Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Tanggal 15 Mar 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 509 Views
Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu dinilai Tim lomba pekon tingkat kabupaten Pringsewu tahun 2022.

MOMENTUM, Pringsewu -- Pekon (desa) Rejosari, Kecamatan Pringsewu optimistis bakal meraih juara pertama lomba desa tingkat kabupaten pada 2022 dan siap bertarung di tingkat provinsi.

Optimisme itu disampaikan Kepala Pekon Rejosari Khotmanudin di sela-sela penilaian lomba desa di pekonnya oleh tim penilai dari kabupaten, Selasa (15-3-2022).

"Apapun bentuknya kita harus optimis meraih kemenangan," ucap Khotmanudin.

Dia beralasan, telah melakukan persiapan secara maksimal. Mulai dari administrasi kesekretariatan pekon yang berbasis teknologi informasi, Literasi Bunda Paud, Puskesos, hasil karya PKK dan BUM-Pekon serta hasil produksi sektor pertanian dan perkebunan.

“Semoga Pekon Rejosari, Kecamatan Pringsewu  mendapatkan yang terbaik meraih juara dan memperoleh hasil yang maksimal serta bermanfaat untuk semuanya. Kami siap melanjutkan lomba tingkat Provinsi Lampung," tegas Khotmanudin.

Dia menambahkan, Pekon Rejosari yang berada di utara Kecamatan Pringsewu mempunyai luas wilayah 241 hektare, terdapat dua dusun dan 10 RT. "Kini tercatat jumlah penduduknya, 4.287 jiwa dan 1.258 KK,"imbuhnya

Sementara Budi Santoso, Kepala Bidang Pemerintahan, Pembangunan, Keuangan dan Aset Pekon pada Dinas Pemberdaayaan Masyarakat Pekon (DPMP) mewakili Kadis PMP Eko Sumarmi menjelaskan, pihaknya dalam sepekan ini  secara maraton melakukan penilaian lomba desa di sembilan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu.

Dimulai dari Pekon Sukoharjo 3 Barat, Kecamatan Sukoharjo,  Bandungbaru, Kecamatan Adiluih, Rejosari, Pringsewu, Gadingrejo Utara, Gadingrejo, Kamilin, Kecmatan Pagelaran Utara,  Srirahayu, Banyumas, Pekon Padangrejo, Kecamatan Pagelaran, Pekon Margodadi, Ambarawa dan Pekon Tanjungrusia Timur, Kecamatan Pardasuka.

Menurutnya, penilaian oleh tim secara obyektif dan nantinya akan diseleksi untuk mendapatkan yang terbaik. "Pekon yang terbaik yang akan mewakili Kabupaten Pringsewu untuk lomba desa tingkat Provinsi Lampung,"terang Budi.

Kesempatan itu Ketua Tim Penggerak PKK  Kabupaten Pringsewu Nurrohmah Sujadi mengajak kepada seluruh pengurus PKK dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga pekon untuk berperan aktif dalam menyukseskan lomba pekon tingkat kabupaten ini, supaya Kabupaten Pringsewu bisa menjadi pemenang hingga di tingkat provinsi dan nasional.

”Jika kita bekerja sama dari setiap elemen dan lapisan dalam mengikuti lomba desa ini, pasti keberhasilan akan dapat diraih,"kata Nurrohmah yang juga Bunda Paud Kabupaten Pringsewu.

Sebelumnya Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Purhadi ketika membuka lomba pekon mengatakan, digelarnya lomba pekon ini yakni untuk mengevaluasi, menilai dan mendorong pemerintah pekon bersama masyarakat untuk  mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya.

Juga untuk mengetahui capaian yang ada di pekon selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat pekon pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan.

"Juga sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah berupa penghargaan kepada pemerintah pekon atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan dan menyejahterakan pekon,"imbuh Purhadi. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Muhammadiyah Lamteng Bahas Program Kerja ...

MOMENTUM, Terbanggibesar--Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Pimpin ...


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com