Polsek Rumbia Cek Ketersediaan Sembako

Tanggal 03 Apr 2022 - Laporan Agus Setiawan - 439 Views
Petugas Polsek Rumbia melakukan pengecekan stok sembako di pasaran.

MOMENTUM, Rumbia--Mengantisipasi kelangkaan sembako pada bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah, aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Rumbia melakukan pengecekan ketersediaan sembako di wilayah hukum setempat.

Kegiatan dimulai dari toko modern dan pasar-pasar kampung yang ada di Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Minggu (3-4-2022).

Kapolres AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya, diwakilkan Kapolsek Rumbia Iptu Hairil Rizal menjelaskan pengecekan stok bahan-bahan pokok dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas setempat. "Kami melakukan pengecekan mulai dari toko modern dan pasar-pasar kampung yang ada di Kecamatan Rumbia," ujarnya.

Hairil Rizal mengatakan giat yang dilakukan tersebut bertujuan untuk memastikan ketersediaan sembako di bulan Ramadan sekaligus hari raya Idul Fitri.

”Upaya ini kita lakukan untuk memastikan ketersediaan sembako di bulan ramadan serta memastikan pendistribusian sembako lancar dan tepat sasaran. Kami juga melalukan kegiatan patroli dan monitoring untuk mencegah terjadinya kejahatan berupa penimbunan sembako yang dapat mengakibatkan terjadinya kelangkaan bahkan lonjakan harga," kata Kapolsek.

Setelah bertatap muka langsung dengan pemilik toko, lanjut Kapolsek, sampai dengan saat ini stok minyak goreng dan sembako di Kecamatan Rumbia masih cukup. Untuk harga minyak goreng bervariasi dari Rp23.000 hingga 25.000 perliter.

Kepada para pedagang, Kapolsek mengimbau agar tidak melakukan penimbunan sembako. 

"Saya mengimbau agar tidak melakukan penimbunan sembako. Kami tidak segan-segan untuk memproses hukum para pelaku sesuai dengan Pasal 29 dan Pasal 107 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dan Pasal 62 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dengan ancaman pidana selama lima tahun penjara," tegasnya. (**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Pabrik Gula SGN, Sudah Siap Memulai Giling 20 ...

MOMENTUM, Surabaya--Stok gula konsumsi nasional dalam waktu dekat ...


Sheraton Lampung Hadirkan Konsep 'All Inclusi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sheraton Lampung Hotel merupakan satu-sa ...


50 Pembatik Lampung Mengikuti Sertifikasi Kom ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sebanyak 50 orang pembatik mengikuti Ser ...


Dukung Transisi Energi, Pertagas Jalin Kerja ...

MOMENTUM, Jakarta -- PT Pertamina Gas (Pertagas) dan PT Pertamina ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com