Temui AKHI Lampung, Kemenag Ingin Pastikan Kesehatan JCH

Tanggal 03 Jun 2022 - Laporan Nurjanah/rls - 285 Views
Audiensi Kakanwil Kemenag dengan AKHI Wilayah Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Audiensi dengan Asosiasi Kesehatan Haji Indonesia (AKHI) Wilayah Lampung, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi setempat Puji Raharjo ingin memastikan kesehatan jemaah calon haji (JCH).

Pertemuan yang dilaksanakan di ruang transit asrama haji Provinsi Lampung, Kamis (2-6-2022) turut dihadiri dr Zam Zanariah,Sp.S,.M.Kes selaku ketua AKHI Wilayah Lampung bersama para pengurus yakni dr.Ayu Ariyanti, dr.Isura, dr.Ayu, Ratu Aisyah, Vandan dan dr.Citara.

Kedatangan Kakanwil Kemenag Lampung dalam rangka sosialisasi keberangkatan dan kesehatan jemaah calon haji provinsi setempat serta beberapa pembahasan yakni; tutorial vaksinasi internasional, juga mengimbau jemaah membawa perlengkapan haji yang wajib dibawa ke tanah suci terutama obat khusus.

"AKHI Wilayah Lampung diharap berperan dan terus bersinergi dengan pemerintah untuk membantu sosialisasi dalam pembinaan dan penyuluhan kesehatan kepada para jemaah pada tahap persiapan di Indonesia," kata Puji.

Selain itu, kita akan buatkan tutorial video vaksinasi internasional sebagai petunjuk bagi para jemaah haji dengan bantuan perwakilan dari Tim AKHI Wilayah Lampung untuk pembuatan tutorial tersebut. "Hal itu untuk menyampaikan informasi yang tertera pada sertifikat vaksin internasional sudah disesuaikan dengan standar WHO, termasuk kode QR yang tercantum di dalamnya agar bisa terbaca dan diakui di luar negeri," tambah Puji.

Dia melanjutkan, Kemenag Provinsi Lampung akan bersinergi dengan semua stekholder untuk bersungguh-sungguh dalam mengatur bagaimana jemaah haji Indonesia khususnya dari provinsi Lampung bisa melaksanakan ibadah haji dengan khusuk dan selamat serta menjadi haji yang mabrur.

Sementara itu, dr Zam mengatakan penyelenggaraan haji di masa endemi perlu melibatkan banyak lini, sehingga jamaah dapat berperan aktif dalam penerapan protokol kesehatan. Menurutnya, penerapan protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan dalam setiap tahapan.

"Melalui sosialisasi semoga dapat meningkatkan pengetahuan petugas dan jamaah haji tentang kebijakan berhaji di saat endemi dan meningkatkan pengetahuan dalam menghadapi permasalahan kesehatan jemaah haji Indonesia," katanya.

dr.Zam memastikan AKHI Wilayah Lampung akan terus berperan aktif untuk memberikan pembinaan dan penyuluhan pada jemaah haji. "Kita akan membagi beberapa grup dari pengurus AKHI Lampung untuk terlibat dalam sosialisasi keberangkatan jemaah calon haji sesuai yang telah terschedule dan meminta Kakanwil Kemenag untuk menyiapkan tanda identitas untuk AKHI Wilayah Lampung agar mempermudah menjalankan tugasnya dalam meningkatkan kesehatan jemaah haji," tambah dr.zam.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com