Nanang Minta Aparat Desa Tingkatkan Kapasitas

Tanggal 12 Jun 2022 - Laporan Endri - 432 Views
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyampaikan sambutan pelantikan DPC APDESI dan Pembukaan Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

MOMENTUM, Kalianda--Sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah, peran  aparatur desa punya peran penting dalam mendukung keberhasilan program pembangunan. Karena itu, aparatur desa harus  terus berupaya meningkatkan kapasitas untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan peran dan fungsinya.

Demikian disampaikan Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto saat membuka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintahan Desa se-kabupaten setempat.

Kegiatan yang dirangkai dengan pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Lamsel masa bakti 2022-2027 itu berlangsung di Aula Sebuku, kompleks rumah dinas bupati setempat, Jumat (10-6-2022).

"Aparatur pemerintahan desa itu ujung tombak pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah. Karena itu, aparatur desa wajib terus berupaya meningkatkan kapasitasnya, untuk lebih mengefektifkan pelaksanaan tugas pokon dan fungsi yang diemban," kata Nanang.

Terkait, pelantikan pengurus APDESI, bupati meminta seluruh anggota asosiasi tersebut memperkuat sinergi dan koordinasi dengan pemerintah daerah.

"Selamat kepada saudara-saudara semua yang dilantik hari ini. APDESI selaku wadah berhimpunya para kepala desa, harus mampu menjadi motor penggerak perubahan dalam menggali dan mengembangkan potensi pembangunan di desa masing-masing," pintanya.

Hal senada disampaikan Ketua DPD APDESI Provinsi Lampung Suhardi Buyung. Dia mengatakan, sebagai perpanjangan tangan pemerintah daerah, anggota dan pengurus APDESI harus bisa menjalin  komunikasi dan koordinasi yang untuk mengoptimalkan pelaksanaan program pembangunan di desa masing-masing.

"APDESI harus dapat bersinergi dengan pemerintah daerah, khsusnya di Kabupaten Lampung Selatan. Sehingga tugas selaku perpanjangan tangan pemerintah daerah dalam melaksanakan program pembangunan dapat berjalan optimal dan efektif," pintanya.

Ketua DPC APDESI Lamsel Herry Putra menyatakan siap memperkuat koordinasi dan sinergi dengan pemerintah daerah untuk menyukseskan program pembangunan.  

"APDESI siap mendukung kebijakan pemerintah daerah, khsusnya di Kabupaten Lampung Selatan. Terlebih kebijakan pembangunan yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat," tegasnya.(**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


Gubernur Lampung Tandatangani Kesepakatan den ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com