Dorong Kenaikan DBH Migas, Banggar DPRD Lamtim Datangi Kemendagri

Tanggal 14 Jun 2022 - Laporan Arif Fahrudin - 690 Views
Anggota Banggar DPRD Lamtim mengunjungi Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri

MOMENTUM, Sukadana--DPRD Lampung Timur  (Lamtim) terus berupaya mendorong peningkatan dana bagi hasil (DBH) migas ke pemerintah pusat. Saat ini, besaran DBH migas yang didapat Kabupaten Lamtim dari hasil eksploitasi tambang minyak bumi di Pulau Segama (kawasan Laut Jawa) hanya enam persen.

Terkait upaya tersebut, Badan Anggaran DPRD Kabupaten Lamtim mengunjungi Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Sekretaris DPRD Lamtim M Noer Alsyarif mengatakan, kunjungan tersebut untuk konsultasi terkait upaya peningkatan DBH migas.

"Selama ini Kabupaten Lampung Timur hanya mendapat enam persen DBH migas dari hasil penambangan minyak bumi di Pulau Segama dan untuk Provinsi Lampung mendapat 15 persen.  Kunjungan Banggar DPRD ini untuk mempertanyakan, sekaligus berkonsultasi terkait upaya peningkatan DBH migas  tersebut,"  kata Heri—sapaan akrab Noer Alsyarif, Selasa(14-6-2022).

Pulau Segama berada di lepas pantai timur Kabupaten Lamtim (Laut Jawa) yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Banten.

Ketua rombongan kunker Banggar DPRD Lamtim  Andri mengatakan, pihaknya mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri untuk menaikan nilai DBH migas tersebut dari enam persen menjadi delapan persen. 

Andri menyebut, usulan kenaikan DBH migas tersebut bertujuan meningkatkan pendapatan daerah, agar pelaksanaan program pembangunan dapat lebih optimal dan efektif.   

"Usulan kenaikan menjadi delapan persen itu, sebelumnya sudah kita bahas. Pemkab Lampung Timur juga mendukung dan akan melanjutkan perihal tersebut ke Pemprov Lampung dan pusat," ungkapnya. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Lamsel Raih WTP Delapan Kali Berturut ...

MOMENTUM, Kalianda--Untuk kedelapan kali berturut, Pemerintah Dae ...


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com