KPK Adakan Road Show Bus di Bandarlampung

Tanggal 23 Sep 2022 - Laporan Agung DW - 333 Views
Pembukaan Road Show Bus KPK RI

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI bakal melakukan Road Show Bus di Bandarlampung. 

Road Show Bus KPK itu mengusung tema "Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi" yang dibuka di Halaman Parkir Transmart Bandarlampung, Jumat (23-9-2022).

Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardhiana menjelaskan, road show bus itu merupakan bagian dari strategi pendidikan.

Wawan menyebutkan, Lampung menjadi provinsi kedua yang berkolaborasi untuk melaksanakan kegiatan tersebut, setelah Sumatera Selatan. 

"Dimana, di Kota Bandarlampung, tema roadshow bus anti korupsi yang diangkat adalah sederhana," kata Wawan.

Dia menjelaskan, tema itu diambil dari sembilan nilai antikorupsi. Seperti jujur, mandiri, tanggungjawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil, dan kerja keras yang disingkat “Jumat Bersepeda KK”. 

"Nilai-nilai itu yang dibawa KPK dalam bus antikorupsi untuk disampaikan kepada masyarakat," terangnya.

KPK menilai perlu pendekatan lebih jauh melibatkan masyarakat terkecil yaitu keluarga. Strategis itu disebut Trisula Pemberantasan korupsi, pendidikan yang melibatkan masyarakat usia dini hingga usia lanjut, pencegahan yang menekankan perbaikan sistem untuk mencegah potensi terjadinya praktik korupsi, dan strategi penindakan dilakukan sebagai efek jera.

"Dimana tentunya upaya ini semua harus dilakukan secara bersama berkolaborasi dalam rangka memberantas tindak pidana korupsi," tuturnya. 

Sementara, Gubernur Arinal Djunaidi menyambut baik atas inisiatif TIM KPK dalam hal pelaksanaan Program Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi itu. 

"Saya dan seluruh jajaran pemerintah daerah memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya acara ini. Tentunya diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya," jelasnya.

Gubernur berharap, kegiatan itu dapat menumbuhkan dan menjaga integritas serta peningkatan akhlak dari lingkungan terkecil untuk melakukan pencegahan korupsi. 

Nilai integritas dapat diartikan sebagai sebuah kesatuan antara  berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral. 

"Berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar dalam integritas merupakan satu kesatuan yang menjadi tolak ukur dalam melaksanakan tugas," tututrnya. 

Arinal menyebutkan, karakteristik seseorang yang memiliki integritas, tercermin dalam bersikap dan bertindak diantaranya: bersikap jujur, tulus, dan dapat dipercaya. 

"Kedua, Bertindak transparan dan konsisten. Ketiga, menjaga martabat dan tidak melakukan hal-hal tercela. Terakhir bertanggungjawab atas hasil kerja," sebutnya.  (**)

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


Jadi Saksi Kasus Korupsi, Inspektur Inspektor ...

MOMENTUM, Kotabumi--Menjadi saksi kasus dugaan tindak pidana koru ...


Komplotan Curanmor di Lamteng Diamankan, Satu ...

MOMENTUM, Padangratu--Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Presisi P ...


Peringati Hari KI, Kemenkumham Sebut 10 Ribu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham ...


Kapolres Pimpin Sertijab 10 Kapolsek di Lamte ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnom ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com