Gedung Kantin, Dapur dan Logistik Pesantren Terbakar

Tanggal 21 Okt 2022 - Laporan Joko Sulistyo. - 397 Views
Kantin dan dapur di Pondok Pesantren Madinatul Ilmi, Pekon Ganjaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, ludes terbakar.

MOMENTUMM, Pagelaran -- Kantin dan dapur Pondok Pesantren Madinatul Ilmi, Pekon Ganjaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, ludes terbakar.

Bangunan permanen berukuran 8x15 meter, juga digunakan untuk penyimpanan logistik pesantren, itu terbakar pada Rabu (19/10/2022) sekitar pukul 18.20 Wib.

"Api diketahui pertama kali oleh beberapa santri sekitar pukul 18.20 Wib saat sebagian besar santri sedang salat magrib di masjid pondok," jelas  Kapolsek Pagelaran Iptu Hasbulloh mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi.

Dia menjelaskan, api dengan cepat membesar dan menyebar keseluruh bangunan karena  isi dalam bangun tersebut terdapat banyak barang yang mudah terbakar seperti pakaian para santri, buku dan juga meubeler.

"Karena bangunan itu sebagian besar berisi barang mudah terbakar maka api dengan cepat membesar dan menghanguskan seluruh bangunan,"terangnya.

Kapolsek Pagelaran menuturkan, api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 20.30 Wib atau dua setengah jam kemudian. Pemadamanan api dilakukan oleh para santri, dibantu aparat dan masyarakat sekitar dengan alat seadanya.

"Ditambah tiga unit mobil pemadam kebakaran milik BPBD kabupaten Pringsewu," ungkapnya.

Hasbulloh menambahkan, pada kebakaran itu tidak ada korban jiwa. Namun kerugian material ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

Atas peristiwa itu pihak Polsek Pagelaran masih melakukan penyelidikan penyebab kebakaran.

"Pemicu kebakaran ini masih belum bisa dipastikan namun dugaan awal dari salah satu kompor yang ditinggalkan dalam keadaan masih menyala," imbuhnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Niat Hati Kuasai Tanah Pasar, Kakam Bandarsar ...

MOMENTUM, Lampung Tengah--Persoalan kepemilikan tanah menjadi per ...


Sengketa Lahan PTPN VII dan PT BMM, PN Kotabu ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengadilan Negeri Kotabumi melaksanakan sid ...


Menantu Eks Bupati Lampung Utara Jadi Tersang ...

MOMENTUM, Kotabumi--Inspektur Lampung Utara, Muhammad Erwinsyah a ...


Sidang Lapangan, PTPN VII Buktikan Putusan PN ...

MOMENTUM, Waykanan -- Sengketa lahan milik PT Perkebunan Nusantar ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com