Umar Ajak Generasi Milenial Kembalikan Kejayaan Petani

Tanggal 31 Jan 2023 - Laporan Wawan/rls - 436 Views
Ketua DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Lampung Umar Ahmad (dua kanan) bersama Arman, Ketua terpilih HKTI Lamtim.

MOMENTUM, Bandarlampung--Generasi milenial diajak untuk berperan aktif dalam upaya mengembalikan kejayaan petani.

Hal itu disampaikan Ketua DPD Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Lampung Umar Ahmad saat menghadiri Musyawarah Kabupaten (Muskab) HKTI Lampung Timur, di Sawah milik warga Desa Tanjung Harapan Kecamatan Margatiga, Selasa (31-1-2023). 

“Pelibatan kalangan milenial sangat penting khususnya di bidang riset maupun pemasaran. Apalagi, untuk melanjutkan pembangunan di sektor pertanian dibutuhkan dukungan dari sumber daya manusia (SDM) pertanian yang maju, mandiri, dan modern," ujar dia. 

Maka dari itu, petani milenial mempunyai peran sangat penting untuk saat ini.

Untuk itulah, DPD HKTI Lampung terus mendorong anak-anak muda termasuk kalangan milenial mau bertani, karena generasi ini menjadi penentu kemajuan pertanian nasional.

"Saya harap pengurus HKTI juga aktif turun lapangan mendengar petani dan menyinergikan program usulan dari petani dengan program yang dibuat oleh pemerintah daerah sekaligus melibatkan generasi milinial dalam bidang pertanian," papar dia.

Dengan begitu, Umar malanjutkan. sektor pertanian tetap dekat dengan generasi muda.

Dia melanjutkan, estafet petani berada pada pundak generasi muda. Sebab, mereka mempunyai inovasi dan gagasan kreatif yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan pertanian. “Generasi milenial adalah masa depan sektor pertanian. Generasi yang mampu memanfaatkan teknologi untuk pertanian. Dengan memanfaatkan teknologi yang tersedia, dunia dalam genggaman generasi muda,” ujar dia.

Keberadaan para petani milenial sangat diperlukan untuk menjadi pelopor sekaligus memperluas jejaring usaha pertanian.

“Mereka (petani milenial) sangat diharapkan mampu menarik minat generasi milenial menekuni usaha di bidang pertanian. Apalagi, sudah banyak petani milenial yang kini telah menjadi pengusaha sektor pertanian dan mengembangkan usahanya dari hulu hingga hilir,” pungkas dia.

Dalam Muskab yang dipimpin Saad Sobari, Arman terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPC HKTI Lampung Timur.

Dari 24 PAC se-Kabupaten Lampung Timur kompak mengajukan nama Arman untuk kali kedua menjadi ketua DPC HKTI Kabupaten Lampung Timur periode 2022-2027.

Selain dihadiri perwakilan pengurus anak cabang (PAC) HKTI yang ada di 24 kecamatan, muskab tersebut juga dihadiri Ketua DPD HKTI Lampung, Umar Ahmad Sekretaris DPD R Prabawa, Dewan Pakar HKTI Lampung Bachtiar Basri, Prof Sugeng P Harianto dan pengurus lainnya.

Ketua HKTI Lampung Timur terpilih, Arman menjelaskan, pihaknya siap memajukan sektor pertanian yang ada di Lampung Timur. Yakni dengan semangat gotongroyong untuk memberikan manfaat. Selain itu, juga siap bersinergi dengan pemerintan setempat.

"Kami siap menjadi jembatan antara petani dengan Pemkab Lampung Timur' dan kami juga siap menjadi jembatan bagi petani dengan lembaga lain seperti lembaga  pendidikan tinggi dan perusahan pertanian,” ujar Arman.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


Cegah DBD, Kapolsek Selagai Lingga Lakukan Fo ...

MOMENTUM, Selagailingga--Aktif berupaya mencegah berkembangnya pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com