Di Pesawaran, Empat Ekor Sapi Terjangkit Penyakit LSD

Tanggal 16 Mei 2023 - Laporan Rifat Arif - 240 Views
Plt Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pesawaran, Dedy Noviansyah.

MOMENTUM, Gedongtataan--Empat ekor sapi di Kabupaten Pesawaran terjangkit penyakit lumpy skin desease (LSD) atau penyakit kulit berbenjol.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Pesawaran, Dedi Noviansyah mengatakan empat hewan ternak itu milik warga Desa Sinarjati, Kecamatan Tegineneng.

"Dari empat yang terjangkit, satu diantaranya mati. Sementara sisanya masih dilakukan perawatan dengan cara diisolasi dari ternak lain," katanya, Selasa (16-5-2023).

Menurut Dedy, pihaknya telah melakukan langkah pencegahan dengan menerjunkan tiga puluh petugas, yang terdiri dari petugas iseminator, serta tim medis untuk memantau kesehatan hewan ternak berkaki empat jenis sapi, kerbau dan kambing.

"LSD ini seperti ruam atau bentol bentol yang menyerang hewan ternak berkaki empat. Dagingnya tidak berbahaya dikonsumsi. LSD menyerang daya tahan tubuh hewan khususnya hewan dengan usia di bawah lima bulan," terang Dedy.

Selain melakukan langkah prefentif, pihaknya juga telah mengajukan vaksinasi bagi hewan ternak sebanyak seribu dosis, dan dipastikan vaksinasi akan dilakukan sebelum lebaran Iduladha pada Juni 2023.

"LSD sudah menjadi atensi pemerintah daerah, karena itu kita lakukan sosialisasi kepada masyarakat di sebelas kecamatan. Aktivitas pemantauan kita pusatkan di tiga puskes hewan di Kecamatan Tegineneng, Negerikaton serta Wayratai," katanya. (*)


Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Pj Ketua TP PKK Lampura Bagikan Sembako dan R ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Lampung Utara Lian ...


PWI Lampura Bekali Identitas Pengurus dan Ang ...

MOMENTUM, Lampung Utara--Pengurus atau anggota PWI (PWI) Lampung ...


Gelar Buka Bersama, Apdesi Sungkai Utara Baha ...

MOMENTUM, Sungkai Utara--Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indones ...


Pj Bupati Pringsewu Panen Perdana Padi Organi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu Marindo K ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com