Antisipasi LSD, Mesuji Jemput Bola Suntik Vaksin

Tanggal 23 Mei 2023 - Laporan Arifin. - 499 Views
Dinas Pertanian Bidang Peternakan lakukan vaksinasi LSD di Desa Gedungmulya, Kecamatan Tanjungraya.

MOMETUM, Mesuji -- Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji melakukan jemput bola untuk mencegah meluasnya penyakit lumpy skin disease (LSD) yang menjangkiti ternak.

Jemput bola untuk mencegah penyebaran LSD, antara lain dilakukan Dinas Peternakan Mesuji dengan mendatangi kandang ternak petani di Desa Gedungmulya, Kecamatan Tanjungraya. Selasa 23 Mei 2023.

"Ya, antisipasi dan pencegahan penyakit menular LSD pada sapi harus segera dilaksanakan agar masyarakat tidak gelisah terhadap hewan peliharaan mereka," ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji Pariman.

Pada Mei 2023, kata dia, sudah dilakukan vaksinasi LSD terhadap ternak di lima desa. Yaitu, Hadimulyo dan Kebundalam, Kecamatan Wayserdang. Kemudian, Desa Mekarsari, Mekarjaya dan Gedungmulya Kecamatan Tanjungraya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Mesuji Joni Hendri mengatakan pihaknya memperoleh bantuan 500 doses vaksin LSD dari Pemprov Lampung.

Dari jumlah itu, 340 dosis vaksin LSD telah disuntikkan pada hewan ternak sapi. Tersisa 160 dosis. Rencana akan digunakan untuk vaksinasi di Desa Tritunggal Jaya, Kecamatan Wayserdang, serta Tanjungsari dan Bujungburing, Kecamatan Tanjungraya.

Dia meminta peternak utnuk rajin menjaga kebersihan kandang. Mengecek kondisi sapi peliharaannya. Jika melihat tanda-tanda benjolan pada kulit sapi, terutama pada bagian leher, punggung, dan perut segera hubungi tim kesehatan hewan Pemkab Mesuji, katanya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Bupati Buka Tanggamus Expo 2024 ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsa ...


Hadirkan Ribuan Anggota IKAPTK, Sulpakar Kena ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadirkan tidak kurang 2000-an anggot ...


Pj Ketua TP PKK Lampura Bagikan Sembako dan R ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Lampung Utara Lian ...


PWI Lampura Bekali Identitas Pengurus dan Ang ...

MOMENTUM, Lampung Utara--Pengurus atau anggota PWI (PWI) Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com