Ujian Negara Amatir Radio Nonreguler I Gunakan Sistem CAT

Tanggal 28 Mei 2023 - Laporan Joko Sulistyo. - 375 Views
Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Nonreguler I Tahun 2023 berbasis full Computer Assisted Test (CAT).

MOMENTUM, Pringsewu -- Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung menggelar Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) Nonreguler I Tahun 2023.

Ujian yang diikuti 38 perserta, dilaksanakan berbasis full computer assisted test (CAT). Berlangsung di Kampus Institut Bakti Nusantara (IBN) Lampung, Pringsewu, Sabtu 27 Mei 2023.

Peserta itu terdiri dari 30 orang mengikuti ujian tingkat siaga, tujuh orang mengikuti ujian tingkat penggalang, dan seorang mengikuti ujian tingkat penegak. Sementara satu peserta tidak hadir.

Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung Enik Sarjumanah menyampaikan ucapan terimakasih kepada ORARI Lokal Pringsewu yang sudah memberikan dukungan kepada Balmon SFR Kelas II Lampung sehingga terlaksana UNAR Non Reguler I Tahun 2023.

"Dengan Ujian Negara Amatir Radio, diharapkan semua pengguna frekuensi radio khususnya frekuensi radio amatir statusnya legal, sehingga dalam penggunaannya tidak mengganggu pengguna frekuensi lainnya yang sifatnya legal," harapnya.

Dia menuturkan, ORARI merupakan  wadah bagi para penggemar amatir radio, sekaligus sarana latih diri untuk bereksperimen dalam bidang elektronika terutama teknik radio.

"Tetapi jangan lupa, dalam bereksperimen harus tetap mematuhi prosedur serta peraturan perundang-undangan yang ada. Oleh karena itu, saya berpesan agar menggunakan frekuensi sesuai peruntukannya," pesannya.

Sementara itu, Ketua ORARI Daerah Lampung Iwan Novriza mengatakan pelaksanaan UNAR merupakan kerja sama ORARI Daerah Lampung dan Lokal Pringsewu dengan Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung.

"Serta wujud kerjasama yang baik dalam rangka menghidupkan lagi Ijin Amatir Radio (IAR) anggota yang sudah expired, serta pemberian kemudahan dari ORARI Daerah Lampung bagi anggota yang akan naik tingkat. Kedepan, diharapkan SDM anggota ORARI akan semakin meningkat, disamping semakin kuat, guyub dan  kompak," harapnya.

Sedangkan Ketua ORARI Lokal Pringsewu, Fauzi menyampaikan terima kasih kepada Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung dan ORARI Daerah Lampung yang sudah mempercayakan ORARI Lokal Pringsewu untuk menyelenggarakan UNAR Non Reguler di Kabupaten Pringsewu.

Pihaknya memberikan kesempatan kepada para pengguna radio komunikasi, untuk mengikuti Ujian Negara Amatir Radio. Sebab, siapapun yang menggunakan perangkat radio harus mempunyai ijin.

"Dengan mengikuti UNAR, maka mereka yang dinyatakan lulus akan mendapatkan Ijin Amatir Radio dan callsign, sebagai bukti sahnya seseorang boleh menggunakan radio komunikasi, karena dianggap telah berkompeten dan sudah memahami prosedur berkomunikasi dengan benar," ujarnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Bupati Buka Tanggamus Expo 2024 ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsa ...


Hadirkan Ribuan Anggota IKAPTK, Sulpakar Kena ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Menghadirkan tidak kurang 2000-an anggot ...


Pj Ketua TP PKK Lampura Bagikan Sembako dan R ...

MOMENTUM, Kotabumi--Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Lampung Utara Lian ...


PWI Lampura Bekali Identitas Pengurus dan Ang ...

MOMENTUM, Lampung Utara--Pengurus atau anggota PWI (PWI) Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com