Bupati Tanggamus Salurkan Bantuan Korban Banjir di Semaka

Tanggal 04 Jul 2023 - Laporan Asdijal/rls - 286 Views
Serah terima bantuan dari Pemprov Lampung untuk warga terdampak bencana di Kabupaten Tanggamus.

MOMENTUM, Semaka--Bupati Hj Dewi Handajani menyalurkan bantuan paket sembako untuk korban banjir di Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus.

Penyerahan bantuan dari gubernur Lampung melalui Dinas Sosial Provinsi Lampung yang dikelola BAZNAS Kabupaten Tanggamus disalurkan di Aula Kecamatan Semaka, Selasa (4-7-2023).

Bupati Dewi mengucapkan terima kasih kepada Gubernu Arinal Djunaidi yang diwakili Kepala Dinsos Provinsi Lampung karena sudah memberikan bantuan sembako secara langsung kepada masyarakat terdampak bencana.

"Kalau tidak karena pak gubernur yang peduli, tidak mungkin bantuan ini akan sampai kepada kita semuanya saat ini. Kami juga mengucapkan terima kasih karena  beberapa ruas jalan provinsi yang ada di Tanggamus ini dalam proses perbaikan dan pembangunannya sedang berjalan," kata bupati.

Bupati melanjutkan, banjir bandang dan tanah longsor terjadi setelah kawasan ini diguyur hujan dengan intensitas tinggi mulai hari Rabu malam hingga Kamis minggu lalu (28-29 Juni 2023). Akibatnya, sungai terbesar di wilayah ini yakni Way Semaka dan sungai-sungai kecilnya meluap karena tidak bisa menampung limpahan air bah dari hulu sungai.

Saat kejadian, sejumlah 11 pekon/desa terdampak banjir bandang dan tanah longsor berada di Kecamatan Semaka. Adapun pekon yang terdampak bencana yaitu Way Kerap, Kanoman, Sukaraja, Sedayu, Srikaton, Sukajaya, Kacapura, Bangun Rejo, Sidodadi, Sripurnomo, dan Bangun Rejo.

Banjir bandang juga menjebol tanggul penahan banjir di Pekon Sukaraja, Srikaton, Sedayu dan Sukajaya.

Selain itu, terdapat empat titik jalan yang tertimbun longsor yang berada di ruas jalan lintas barat dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan-kendaraan. 

Berdasarkan data, bencana banjir merendam sekitar 1.177 rumah. Rinciannya, di Pekon Srikaton 61 rumah, Pardawaras 34 rumah, Way Kerap 59 rumah, Sedayu 26 rumah, Sukaraja 320 rumah, Sukajaya 58 rumah, Kacapura 286 rumah, Bangun Rejo 329 rumah dan Sripurnomo 4 rumah. Dari rumah terdampak banjir tersebut ada 1 rumah yang hanyut, 2 rumah dapurnya hanyut, dan 1 rumah hampir roboh. 

Terkait itu, Pemkab Tanggamus melalui BPBD, Dinas Damkar dan Penyelamatan, telah mengerahkan personel dan alat berat, serta dibantu oleh OPD-OPD, TNI/Polri, Basarnas, PMI, RAPI, Pramuka dan komponen serta elemen masyarakat lainnya turut membantu proses penanganan bencana yang terjadi.

Kepala Dinsos Lampung, Aswarodi mewakili gubernur menyampaikan bantuan berupa buferstock dan paket Sembako bersumber dari Dinas Sosial dan BPBD.

Kata dia, gubernur juga menyampaikan rasa prihatin atas terjadinya musibah banjir dan berharap masyarakat Kecamatan Semaka dapat sabar juga tabah menghadapinya.

Plt Kepala Dinsos Tanggamus, Zulfadli menyebutkan, bantuan yang akan disalurkan dari Provinsi Lampung berupa paket sembako 20 paket, makanan siap saji 100 paket, makanan anak 80 paket, peralatan dapur 4 paket, paket sandang 8 paket, sandang bayi 24 paket, selimut 20 paket, kasur 15 paket, matras 10 lembar, beras 100 kg, gula pasir 20 kg, teh 20 kotak, susu kental manis 20 kaleng, mie instan 100 bungkus.

Kepala Pekon Srikaton, Wardoyo mewakili masyarakat Semaka mengucapkan terima kasih kepada bapak gubernur Lampung dan Pemkab Tanggamus atas bantuan yang telah diberikan. "Semoga bantuan ini bermamfaat bagi masyarakat yang menerimanya, semoga juga bencana banjir ini kedepannya tidak terjadi lagi bagi kita semuanya," harap dia.

Hadir dalam kegiatan, Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi yang mewakili Gubernur Lampung, Hadir juga dari jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus Plt Kepala Dinas Sosila Zulfadli, Kepala Pelaksana BPBD Ediyan M. Toha, Ketua Darma Wanita Tanggamus Nur'aini Hamid Lubis, Camat Semaka, Ketua Baznas Tanggamus, Para Kepala Pekon Sekecamatan Semaka dan Masyarakat yang menerima bantuan.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com