Wujudkan Ketentraman, Pemkab Tanggamus Kembali Aktifkan Satlinmas

Tanggal 12 Jul 2023 - Laporan Asdijal/rls - 311 Views
Bupati Hj Dewi Handajani menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada anggota Linmas Tanggamus.

MOMENTUM, Kotaagung--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus mulai mengaktifkan kembali Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) guna menciptakan ketentraman dan ketertiban umum di wilayah setempat.

Hal itu terwujud dalam sosialisasi pemberdayaan Satlinmas di Aula SMA 2 Negeri Islamic Center Kecamatan Kotaagung, Tanggamus, Rabu (12-7-2023).

Kegiatan yang dibuka Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani, turut dihadiri Kapolres Tanggamus AKBP Siswara Hadi Chandra SIK, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahtraan Masyarakat Suaidi, Plt Kasat Pol PP Alkad Alamsyah, Kepala Dinas PMD yang diwakili Eko Didi Darmadi, Ketua Pelaksana Kegiatan Sekretaris Pol PP Nashur As, Camat Kotaagung Pusat, Camat Kotaagung Timur, Camat Kotaagung Barat dan seluruh Linmas.

Bupati mengapresiasi seluruh pelaksanaan kegiatan dan semoga dapat diikuti dengan serius seksama sehingga dapat tercapai tujuan sosialisasi.

"Harapannya peserta dapat meningkatnya wawasan pengetahuan keterampilan pembentukan sikap dan perilaku anggota satu dan masih tingkat pengakuan dan kelurahan di kabupaten ini," kata bupati.

Bupati melanjutkan, para personel Linmas nantinya akan menjadi garda terdepan yang akan bertugas untuk menjaga suasana yang aman damai dan kondusif.

"Sekecil apapun permasalahan di lapangan agar dapat segera diketahui dan ditangani sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang lebih besar oleh karena itu dukungan dan informasi dari semua unsur aparat keamanan masyarakat sangat diperlukan dalam rangka menciptakan situasi kabupaten Tanggamus yang tertib aman dan tentram," papar dia.

Bupati menambahkan, semangat bergotong-royong dalam menjalankan tugas-tugas tentunya dalam menjalankan tanggung jawab kita memberikan perlindungan menciptakan ketertiban keamanan kenyamanan.

Kapolres Tanggamus, AKBP Siswara Hadi Chandra menyampaikan terwujudnya situasi Kamtibmas kondusif penting karena adanya peran serta masyarakat.

"Kamtibmas yang kondusif yang stabil yang mantap akan selalu bertumpu dan berawal dari peran serta masyarakat, artinya sekeras apapun aparat hukum tidak akan tercapai tanpa kepedulian masyarakat," kata dia.

Dia menyebutkan, secara realitas di lingkungan masing-masing membutuhkan peran linmas. "Jadi tidak bisa dipandang sebelah mata, bukan hanya sebagai perangkat pelengkap jajaran pemerintahan di tingkat desa ataupun kecamatan tapi linmas inilah yang nantinya akan menjadi tokoh penting dalam membantu seluruh aparat penegak hukum untuk mewujudkan situasi Kamtibmas kondusif," ujar dia.

Dalam laporan Sekretaris Satpol-PP Nashur As, mewakili Plt Kasat Pol-PP Alkat Alamsyah mengatakan, kegiatan sosialisasi pemberdayaan perlindungan masyarakat dalam rangka ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, dilaksanakan di 20 kecamatan se Kabupaten Tanggamus.

"Sosialisasi melibatkan 1200 Satlinmas yang berasal dari 299 pekon/desa dan 3 kelurahan, dan hari ini dilaksanakan untuk tiga wilayah kecamatan yaitu Kecamatan Kotaagung, Kotaagung Barat dan Kotaagung Timur dengan setiap wilayah 60 personel," kata dia.

Selain 180 personel Satlinmas, pihaknya menghadirkan narasumber dari Kodim 0424 Tanggamus, Polres Tanggamus dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP).

"Kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan terkait tugas pokok dan fungsi dari satuan perlindungan masyarakat (Satlinmas) dalam menjalankan tugas berdasarkan Permendagri nomor 26 tahun 2020," pungkas dia.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com