Bupati Ajak Masyarakat Peduli Laut Tanggamus

Tanggal 17 Jul 2023 - Laporan Asdijal/rls - 325 Views
Bupati Hj Dewi Handajani beserta jajaran foto bersama usai upacara Hari Koperasi, Hari Kelautan, dan Hari Anak Nasional Tahun 2023, Senin (17-7).

MOMENTUM, Kotaagung--Bupati Hj Dewi Handajani mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan laut di wilayah Kabupaten Tanggamus.

"Jum’at kemarin kita melaksanakan kegiatan Gerakan Bersih Pantai di Muara Indah Kotaagung, tujuannya untuk meningkatkan kesadaran seluruh masyarakat terutama kita selaku ASN atau aparatur pelayan publik, yang harus menjadi contoh dan teladan bagi warga sekitar, agar lebih peduli dengan laut dan pantai di wilayah kita sendiri," kata Bupati Dewi saat menjadi memimpin upacara Hari Koperasi, Hari Kelautan, dan Hari Anak Nasional Tahun 2023, Senin (17-7).

Menurut dia, memupuk kepedulian lingkungan khususnya wilayah pantai laut sangat penting sehingga harus dimulai dari diri sendiri. "Kalau bukan kita yang menjaga lingkungannya lalu siapa lagi? Ki Mak Kham Sapa Lagi. Ki Mak Ganta Kapan Lagi," ucapnya.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan ucapan selamat Hari Kelautan Nasional Tahun 2023. "51 tahun yang lalu atau tepatnya 2 Juli 1972 Hari Kelautan Nasional pertama kali dicetuskan oleh Pak Harto, Presiden ke-2 RI.  Indonesia merupakan negara kelautan, dengan 2/3 (dua-per-tiga) luas wilayahnya adalah laut. Sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia, yang memiliki luas lautan mencapai 5,8 juta km dan panjang pantai sekitar 95.181 km atau setara 25% panjang pantai di dunia," ujar dia.

Indonesia adalah surga laut yang indah dan kaya, potensi sumberdaya alam lautnya luar biasa. Begitu pun dengan Kabupaten Tanggamus, dengan luas laut 1.779,50 Km2 dan garis pantai sepanjang 202 km, termasuk daerah yang memiliki garis pantai yang panjang dan potensi sumberdaya hayati yang sangat besar.

"Daerah kita memiliki pemandangan dalam laut yang mempesona dengan keunikan hewan serta biota lautnya yang sudah cukup terkenal di mancanegara seperti di Teluk Kiluan Kecamatan Kelumbayan, maka harus kita jaga kelestariannya," terang bupati.

Selanjutnya, Hari Koperasi diperingati setiap tanggal 12 Juli. Buapti juga mengucapkan selamat Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023.

"Bagi insan koperasi di Kabupaten Tanggamus, kalian adalah sumberdaya berkualitas yang kami miliki untuk perkembangan perekonomian rakyat, tanpa kalian mungkin koperasi ini tidak akan berdiri sampai sejauh ini," ujar dia.

Oleh karenanya, dia ucapkan terima kasih sudah berkerja dengan hati, demi pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tanggamus.

"Koperasi adalah salah satu organisasi perekonomian rakyat, koperasi memberikan kesejahteraan bagi anggotanya. Koperasi juga turut menciptakan lapangan pekerjaan dan pemerataan ekonomi," ujar dia.

Selain itu, tidak kalah penting yakni Hari Anak Nasional yang selalu dirayakan setiap 23 Juli. "Kegiatan puncak Hari Anak Nasional tahun ini yang bertema ”Anak Terlindungi, Indonesia Maju" akan dipusatkan di Semarang Jawa Tengah, dan rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo," kata dia.

Dalam kegiatan itu, juga akan dilangsungkan Penganugerahan Apresiasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2023. "Mari kita do’akan bersama, agar Tanggamus dapat meningkat prestasinya, sehingga meraih Predikat Kabupaten Layak Anak Kategori Utama, setalah pada tahun lalu kita menerima predikat Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya," ujar dia.

Diketahui, pada upacara gabungan itu juga dilaksanakan simbolis penyerahan bendera Merah Putih untuk kegiatan "Pencanangan Pembagian Sepuluh Juta Bendera Merah Putih" dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 78 Republik Indonesia kepada perwakilan dinas terkait, camat se Tanggamus, dan kalangan masyarakat.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com