Jelang Kampanye, Kapolres Pringsewu Ingatkan tentang Netralitas Pemilu

Tanggal 06 Nov 2023 - Laporan Joko Sulistyo. - 182 Views
Apel Polres Pringsewu yang dipimpin Kapolres AKBP Benny Prasetya.

MOMENTUM, Pringsewu -- Menjelang masa kampanye, seluruh personel Polres Pringsewu diingatkan untuk menjaga netralitas dalam mengawal tahapan pemilu serentak 2024. 

Hal itu diungkapkan Kapolres Pringsewu AKBP Benny Prasetya saat memimpin apel di lapangan apel mapolres setempat pada Senin 6 November 2023.

"Saat ini, proses tahapan pemilu sudah berjalan dan mendekati tahapan kampanye. Saya ingin mengingatkan seluruh anggota agar tetap menjaga netralitas," pinta Kapolres di hadapan ratusan personelnya.

Menurutnya, meskipun mungkin memiliki hubungan emosional dengan calon legislatif atau caleg, anggota Polri harus mempertahankan profesionalisme dalam menjalankan tugas mengawal pesta demokrasi. 

Kapolres menyoroti adanya bahaya terjebak dalam keakraban dan kedekatan yang dapat mengakibatkan hilangnya netralitas aparat keamanan khususnya polisi.

“Tidak boleh ada personel Polres Pringsewu yang viral karena memihak atau mendukung salah satu pasangan calon atau caleg. Hal ini perlu menjadi perhatian serius,"pintanya.

Benny juga menyoroti kemungkinan ada sejumlah potensi kerawanan dalam tahapan pemilu yang perlu diwaspadai, seperti penyebaran isu hoaks, isu SARA, money politik, kampanye hitam (black campaign) dan politik identitas.

"Jika tidak di antisipasi sejak dini, kerawanan-kerawanan ini dapat menjadi permasalahan serius yang dapat mengganggu dalam pelaksanaan pemilu,”ungkapnya.

Maka dalam upaya menjaga kelancaran dan keamanan pemilu, diminta jajarannya untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan lainnya. 

Kapolres juga menginstruksikan agar personel yang bertugas di bidang pencegahan aktif melakukan cooling system atau turun langsung ke tengah masyarakat untuk mencegah terjadinya polarisasi.

“Lakukan segala daya upaya agar seluruh rangkaian dan tahapan pemilu ini dapat berjalan dengan aman, lancar, adil dan demokratis,"tegasnya.

Pernyataan tegas AKBP Benny Prasetya ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam menjaga integritas, netralitas, kelancaran, dan keamanan pemilu di Pringsewu. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


Cegah DBD, Kapolsek Selagai Lingga Lakukan Fo ...

MOMENTUM, Selagailingga--Aktif berupaya mencegah berkembangnya pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com