HUT Ke-52 Korpri, Dinas Ketahanan Pangan Lampung Barat Gelar Pasar Murah

Tanggal 22 Nov 2023 - Laporan Sulemy Wahyu. - 296 Views
Pj Bupati Lampung Barat, Nukman meninjau gerakan pasar murah di Lamban Pancasila Komplek Perkantoran Pemda Lampung Barat.

MOMENTUM, Balikbukit -- Pemerintah Kabupaten Lampung Barat mengadakan gerakan pangan murah bagi masyarakat Kecamatan Balikbukit, Rabu 22 November 2023.

Kegiatan untuk memperinigati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), itu dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Lampung Barat.

Lokasi kegiatan, mengacu pada data masyarakat kemiskinan ekstrem dan irisan pekon (desa) stunting yang terdampak akibat fenomena Elnino beberapa bulan silam.

Kegitan itu dipusatkan di halaman Gedung Lamban Pancasila, Kelurahan Waymengaku, Komplek Perkantoran Pemda Lampung Barat.

Komoditas pangan yang disediakan, antara lain beras medium, gula pasir, minyak goreng dan tepung terigu.  Dengan tebus harga lebih murah jika dibandingkan dengan harga normal di pasaran.

Misalnya, harga beras medium hanya ditebus dengan Rp10.800/kg, gula pasir Rp16.000/kg, tepung terigu Rp11.000/kg, minyak goreng Rp14.500/liter, dan minyak goreng merk tawon 2 liter Rp29.000.

Dengan stok yang disediakan, tujuh ton beras medium, 300 liter minyak goreng, dua ton gula pasir, dan satu tontepung terigu.

Masyarakat bisa melakukan tebus murah maksimal 10 kg beras per orang atau dua sak yang masing-masing sak berisikan 5 kg beras.

Sementara untuk komoditas lainnya seperti gula pasir, tepung terigu, dan minyak goreng tidak dibatasi atau menyesuaikan dengan stok dan kebutuhan masyarakat.

Kegiatan ini hasil kerja sama Dinas Ketahanan Pangan Lampung Barat dengan Gudang Bulog Sub Divre Liwa dan pihak-pihak penyedia distributor di bidang pangan.

Penjabat Bupati Lampung Barat Nukman berksempatan meninjau kegiatan yang dibuka Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring.

Gerakan pangan murah tersesbut diperuntukkan bagi masyarakat umum, aparatur sipil negara (ASN) maupun tenaga harian lepas (THLS) Pemkab Lampung Barat.

Nukman, yang juga sebagai ketua Korpri Kabupaten Lampung Barat mengatakan, program ini untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan bahan pokok sehari-hari dengan harga lebih murah dan terjangkau .

"Ya, ini program bagus. Apalagi ini kan harganya lebih murah. Tentu ini dapat meringankan beban masyarakat memenuhi kebutuhan," ujarnya.

Apalagi, kata Nukman, akibat dampak fenomena Elnino yang menyebabkan inflasi, kegiatan ini menjadi salah satu upaya Pemkab Lampung Barat untuk mempermudah masyarakat memperoleh bahan pangan dengan harga terjangkau. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Curah Hujan Tinggi, BPBD Tanggamus Normalisas ...

MOMENTUM, Tanggamus--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisik ...


Rumah di Rajabasa Bandarlampung Terendam Lagi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Genap dua malam rumah warga Lingkungan 1 ...


Soal Beda Pilihan Pilpres, Mulyadi Minta Masy ...

MOMENTUM,Tanggamus--Pj Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan minta masy ...


Longsor Pesibar-Lambar, Arus Lalin Dialihkan ...

MOMENTUM, Tanggamus--Akibat longsor di Pesisir Barat dan Lampung ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com