Operasi Lilin Nataru 2023, Polda Lampung Turunkan 3.382 Personel

Tanggal 21 Des 2023 - Laporan Ardiansyah Putra - 227 Views
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika memimpin apel gelar pasukan ops lilin krakatau 2023.

MOMENTUM,Bandarlampung--Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menggelar apel pasukan Operasi Lilin Krakatau 2023 di Lapangan Makosat Brimob Bandarlampung, Kamis 21 Desember 2023).

Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika mengatakan gelar pasukan merupakan pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana yang akan digunakan selama pelaksanaan operasi.

"Apel Ops Lilin Krakatau itu dalam rangka pengamanan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024. Sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Natal 2023 serta pergantian Tahun Baru 2024 dapat berjalan optimal," ucap Helmy. 

Dia menjelaskan, tujuan utama Ops Lilin Krakatau 2023 ini adalah menjamin kenyamanan beribadah umat Nasrani, arus mudik maupun balik dan masyarakat yang berwisata di Lampung.

Khusus perayaan Natal, objek pengamanan meliputi 1.050 gereja yang terdiri dari 695 gereja Protestan dan 356 gereja Khatolik. 

Polda Lampung dan jajaran mengerahkan 1.886 personel Polri dan 1.496 personel dari stakeholder terkait selama pengamanan ini.

“Selama pelaksanaan Operasi Lilin Krakatau 2023, kita mengedepankan pencegahan yang didukung deteksi dan penegakkan hukum. Sehingga, masyarakat bisa merayakan Natal dan Tahun Baru dengan aman, selamat dan tertib,” kata dia.

Sedangkan objek lain yang juga diprediksi terjadi keramaian warga yakni 361 objek wisata, 43 pusat perbelanjaan, serta lokasi perayaan pergantian tahun sebanyak 52 objek.

Pengamanan juga dilakukan di 22 terminal, 23 stasiun kereta api, 3 pelabuhan dan 2 bandara.

Polda Lampung juga menyiagakan 66 posko yang terdiri dari 44 pos pengaman, 21 pos pelayanan dan 1 pos terpadu.

Helmy menjelaskan pengamanan Nataru merupakan tugas rutin yang harus dipastikan berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

Natal dan Tahun Baru merupakan kegiatan rutin, namun tetap harus direncanakan dengan baik. Terutama terkait dengan transportasi, pasokan dan distribusi bahan pokok.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan RI, potensi pergerakan masyarakat pada Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai 107,63 juta orang, meningkat sebesar 143,65% atau 63,46 juta orang jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya," lanjutnya.

Selain itu, lanjut Helmy, perayaan Nataru ini bertepatan dengan masa kampanye Pemilu 2024 sehingga memiliki potensi kerawanan yang lebih tinggi.

"Oleh sebab itu, dalam rangka pengamanan Nataru, Polri didukung TNI, Kementerian lembaga, pemerintah daerah, mitra Kamtibmas dan stakeholder terkait menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2023 selama 12 hari mulai dari 22 Desember 2023 sampai dengan tanggal 2 Januari 2024," jelasnya. (*)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Polsek Punggur Bekuk DPO Pelaku Curat ...

MOMENTUM, Punggur--Gerak cepat jajaran Team Khusus Anti Bandit (T ...


Polres Pringsewu Tangkap Remaja Curi Handphon ...

MOMENTUM, Pringsewu--Aparat Polres Pringsewu menangkap remaja RA ...


Polres Pringsewu Petakan Lokasi Rawan Macet ...

MOMENTUM, Pringsewu--Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Prings ...


Tersangka Begal Motor di Lambukibang Babak Be ...

MOMENTUM, Lambukibang -- Ahmad Murdiono, warga Tiyuh/Desa Dayasak ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com