Bulurejo dan Pringsewu Utara Ikut Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi

Tanggal 27 Mei 2024 - Laporan Joko Sulistyo. - 205 Views
Kelurahan Pringsewu Utara dan Pekon Bulurejo Wakili Kabupaten Pringsewu Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung . Foto. Sulistyo.

MOMENTUM, Pringsewu -- Kelurahan Pringsewu Utara, Kecamatan Pringsewu dan Pekon Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo mewakili Kabupaten Pringsewu mengikuti  Lomba Desa dan Kelurahan 2024 Tingkat Provinsi Lampung 

Kedua wilayah itu dipilih berdasarkan evaluasi dalam dua tahun terakhir yang menunjukkan adanya keunggulan dan perkembangan positif. 

Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu, Marindo Kurniawan mengatakan, Bulurejo, dipilih karena dinilai sebagai pekon yang cepat berkembang. Sementara, Pringsewu Utara merupakan kelurahan yang memiliki keunggulan dan inovatif.

Hal itu disampaikan Marindo Kurniawan saat menerima Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Lampung di Balai Pekon Bulurejo, Gadingrejo, Senin (27-5-2024),

Marindo berharap keikutsertaan Kabupaten Pringsewu dalam Lomba Desa dan Kelurahan tersebut, akan mendorong upaya peningkatan kompetensi pekon dan kelurahan dalam memberdayakan berbagai sektor kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi. 

"Juga sebagai wahana meningkatkan kreatifitas dan rasa memiliki serta kepedulian terhadap kemajuan pekon dan kelurahan," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Lampung, Intizam mengatakan untuk menciptakan desa dan kelurahan yang memiliki daya saing, diperlukan dukungan terintegrasi pemerintah pusat, daerah dan desa.

Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa pada 2023 telah melakukan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dan pengurus kelembagaan desa melalui program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa, kata Intizam, yang juga Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Kemasyarakatan dan SDM. 

Terpisah Lurah Pringsewu Utara, Anshoruddin Lidinillah mejelaskan, luas wilayah Kelurahan Pringsewu Utara 181 ha, dengan jumlah penduduk 8.031 jiwa atau 4.057 KK.

Dia menyampaikan terima kasih pada seluruh elemen masyarakat yang telah berusaha maksimal menghadapi penilaian  lomba kelurahan tingkat Provinsi Lampung pada 2024 ini.

Ansoruddin berharap masyarakat Kelurahan Pringsewu Utara dapat meningkatkan semangat kebersamaan, kekompakan dengan para pamong, RT, RW.  Dalam rangka melaksanakan pembangunan ke depan yang lebih baik.

Senada disampaikan Kepala Pekon Bulurejo Suherman, yang menyatakan kesiapannya untuk mengikuti lomba pekon/desa di tingkat nasional.

Kesiapan itu didasari kondisi pekon dan sumber daya manusia di Pekon Bulurejo yang sudah terlatih dan mumpuni. "Jika memang dipercaya dan sesuai dengan penilaian, maka apapun resikonya masyarakat Pekon Bulurejo, Kecamatan Gadingrejo siap menjalankan amanah tersebut," imbuh Suherman. (***)

Editor: Muhammad Furqon


Comment

Berita Terkait


Tulangbawang Komitmen Sukseskan PIN Polio ...

MOMENTUM, Banjaragung--Upaya mencegah ancaman Kejadian Luar Biasa ...


Realisasi Anggaran Disdikbud Metro Baru 51 Pe ...

MOMENTUM, Metro--Hingga Juli 2024, realisasi anggaran program ker ...


OPD Pringsewu Diminta Serius Persiapkan Inova ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawa ...


Pj Bupati Tanggamus Canangkan Pencanangan Pek ...

MOMENTUM, Sumberejo -- Penjabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan m ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com