Dekrafe Pringsewu Jadi Magnet Bagi Wisatawan

Tanggal 02 Sep 2024 - Laporan - 194 Views

MOMENTUM, Pringsewu--Dekranasda Cafe (Dekrafe) yang baru saja diresmikan oleh Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Lampung Maidawati Retnoningsih menjadi magnet dalam pengembangan UMKM di Pringsewu.

Bahkan, Dekrafe juga berhasil menarik perhatian wisatawan lokal hingga mancanegara. Baru-baru ini, wisatawan asal Polandia datang berkunjung ke Dekrafe. 

Tak hanya menikmati sajian kuliner lokal, mereka juga tertarik dengan produk-produk hasil kerajinan tangan yang dipamerkan di sana. 

Produk-produk itu merupakan hasil karya UMKM binaan Dekranasda yang mencerminkan kekayaan budaya dan kreativitas masyarakat Lampung.

Mereka ikut melihat langsung proses pembuatan kerajinan Lampung, mulai dari kain tapis hingga anyaman bambu, yang semuanya tersedia dan dipamerkan di Dekrafe. 

Hingga berinteraksi langsung dengan para pengrajin, yang dengan senang hati berbagi cerita tentang sejarah dan makna di balik setiap karya mereka.

Pj Ketua Dekranasda Pringsewu Agnesia Marindo menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian ini. 

"Dekrafe bukan hanya sebuah kafe, tetapi juga etalase dari kekayaan kerajinan dan budaya Lampung. Kehadiran wisatawan internasional seperti dari Polandia ini menunjukkan bahwa usaha kita dalam mempromosikan produk-produk UMKM Lampung telah berhasil menarik minat global,” kata Agnes.

Dia menyatakan, keberadaan Dekrafe sebagai wujud komitmen untuk mendukung UMKM lokal dengan menyediakan ruang bagi para pengrajin untuk memamerkan dan menjual produk mereka. 

"Di masa depan, Dekrafe akan terus mengembangkan diri sebagai destinasi wisata budaya yang mampu menarik lebih banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara," jelasnya.

Pj Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan pun menyambut baik adanya kunjungan turis mancanegara tersebut.

"Momen ini harus dijaga oleh semua warga dan pelaku pariwisata agar makin banyak turis yang datang ke Pringsewu," kata Marindo. (**)

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


HUT ke-25, KSP Tri Dharma Artha Gelar Jalan S ...

MOMENTUM, Seputihraman--Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tri Dharma A ...


SMK Muhammadiyah Abung Semuli Mulai Projek Kr ...

MOMENTUM, Kotabumi--Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah ...


Tiga Anggota PWI Lambar Selesaikan Pendidikan ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Tiga anggota Persatuan Wartawan Indones ...


Laga Haornas, Tim Old Star Tekuk PWI Lampura ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pertandingan persahabatan yang digelar oleh D ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com