Polisi Tangkap Pembawa Kabur Motor Teman di Lamteng

Tanggal 13 Sep 2024 - Laporan Agus Setiawan - 137 Views
Tersangka pembawa kabur sepeda motor inventaris milik PT Great Giant Pineapple (GGP).

MOMENTUM, Gunungsugih--Seorang pria meminjam lalu membawa kabur sepeda motor karyawan PT Great Giant Pineapple (GGP). Tindakan melanggar hukum atau tindak pidana itu dilakukan oleh SKR (30) kepada korban Tugino (37) warga Kampung Sinarbanten, Kecamatan Bekri, Lampung Tengah, Minggu (25-8-2024).

Kapolres Lampung Tengah, AKBP Andik Purnomo Sigit diwakilkan Kapolsek Gunungsugih AKP Abri Firdaus mengatakan, kejadian tersebut dilaporkan korban dan SKR ditangkap setelah motor korban tak dikembalikan selama 16 hari.

"Motor Honda Verza plat BE 3821 AK senilai Rp 13 juta yang dibawa kabur pelaku adalah motor inventaris PT GGP yang digunakan korban selaku karyawan," kata Kapolsek, Jumat (13-9).

Kapolsek mengatakan, penangkapan pelaku SKR dilakukan pada Selasa (10-9) dini hari, sekira pukul 01.00 WIB di rumahnya Dusun Serapit, Kampung Sinar Banten, Kecamatan Bekri, Lampung Tengah.

Dia menjelaskan, kronologi peristiwa bermula ketika Tugino didatangi SKR pukul 03.00 pada bulan Agustus lalu.

Menurut keterangan korban kepada polisi, SKR datang diantarkan oleh temannya yang tidak dikenal mengendarai mobil pick up warna hitam.

"Terlapor langsung meminjam motor kepada Tugino dengan alasan untuk pulang kerumah mandi dan salin baju," katanya.

Kapolsek melanjutkan, korban sempat berdiskusi dengan istri, dan istri sempat menolak karena curiga pelaku datang tiba-tiba tanpa komunikasi di jam yang tidak wajar.

Kemudian, katanya, sang istri pun menyuruh korban agar mengantarkan SKR saja, namun Tugino tidak menghiraukannya karena masih mengantuk.

Akhirnya korban pun meminjamkan sepeda motornya kepada SKR, dan benar saja, motor tersebut dibawa kabur dan tidak dikembalikan lagi.

"Aksi penggelapan sepeda motor dengan memanfaatkan kedekatan sosial sering terjadi belakangan ini, pelaku pun tidak segan-segan melakukannya walaupun kenal dengan si korban," terangnya.

Kapolsek mengatakan, saat ini pelaku telah diamankan di Polsek Gunung Sugih untuk diproses lebih lanjut.

Dikatakan Kapolsek, SKR dijerat kasus tindak pidana penipuan sebagaimana pasal 378 KUHPidana, dan diancam hukuman kurungan penjara paling lama 4 tahun.

Dalam hal ini, Kapolsek Gunungsugih mengimbau kepada masyarakat Lampung Tengah untuk waspada aksi penipuan dan atau penggelapan di lingkungan sekitar.

Sebab, katanya, saat ini pelaku tidak memandang siapa korbannya. Tidak hanya orang yang punya kedekatan sosial, bahkan kerabat atau saudara pun turut menjadi korban.

Dia menyebut, faktor utama terjadinya tindakan yang berujung pidana itu tak lain karena desakan ekonomi.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dengan aksi penipuan atau penggelapan, dan hati-hati dengan modus modus yang mencurigakan," tutupnya.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Kejaksaan Tanggamus Restorative Justice Sopir ...

MOMENTUM, Tanggamus--Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus membebas ...


Cabjari Tanggamus Tahan Mantan Pj Kakon Tanju ...

MOMENTUM, Tanggamus--Cabang Kejaksaan Negeri (Cabjari) Tanggamus ...


Jelang Pilkada, Polsek Blambanganumpu Ketatka ...

MOMENTUM, Blambanganupu--Jelang pelaksanaan Pilkada Serentak, apa ...


Penipuan Modus Gadai Mobil, Seorang Perempuan ...

MOMENTUM, Pringsewu--Seorang wanita berinisial HH (47) diamankan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com