Diskoprindag Lambar Temukan Produk Ikan Makarel Mengandung Cacing

Tanggal 03 Apr 2018 - Laporan - 783 Views
Dua merek produk ikan makarel mengandung cacing ini, ditemukan beredar di pasaran Kabupaten Lampung Barat

Harianmomentum.com--Dua dari 27 merek produk makanan ikan dalam kemasan kaleng (makarel) yang mengandung cacing, ditemukan beredar wilayah Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

 

Peredaran dua jenis produk tersebut, diketahui dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoprindag) Kabupaten Lambar ke sejumlah toko di wilayah Kecamatan Balikbukit.   

 

Kepala Seksi Perdaganan Dalam dan Luar Negeri pada Diskoprindag Lambar Desi Haironi mengatakan, dua produk ikan makarel itu bermerek: Botan dan ABC. 

 

“Dua produk ikan makarel yang mengadung cacing: Botan dan ABC. Kita temukan di tiga toko distributor sembako di wilayaha Kecamatan Balikbukit,” kata Desi pada harianmomentum.com, Selasa (3/4).

 

Menurut dia, pengecekan itu dilkakukan dengan mengacu daftar 27 merek produk ikan makarel mengadung cacing tidak berbahaya yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan. 

 

“Kita hanya memberi pembinaan kepada penjual, agar produk tersebut tidak dipasarkan ke masyarakat untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,”  terangnya.             

 

Dia menambahkan, dalam waktu dekat akan kembali melakukan pengecekan ke wilayah kecamatan lain di Kabupaten Lambar. 

 

“Memang belum ada laporan dari masyarakat terkait beredarnya produk ikan makarel mengandung cacing, tapi kita akan tetap melakukan pengecekan ke wilayah kecamatan lain,” jelasnya.

 

Meski Kementerian Kesehatan menyatakan cacing yang terkandung dalam 27 jenis produk ikan makarel itu tidak berbahaya, Diskoprindag Lambar tetap mengimbau masyarakat untuk tidak mengkonsumsi produk-produk tersebut. (lem)

 

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Polsek Punggur Bekuk DPO Pelaku Curat ...

MOMENTUM, Punggur--Gerak cepat jajaran Team Khusus Anti Bandit (T ...


Polres Pringsewu Tangkap Remaja Curi Handphon ...

MOMENTUM, Pringsewu--Aparat Polres Pringsewu menangkap remaja RA ...


Polres Pringsewu Petakan Lokasi Rawan Macet ...

MOMENTUM, Pringsewu--Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Prings ...


Tersangka Begal Motor di Lambukibang Babak Be ...

MOMENTUM, Lambukibang -- Ahmad Murdiono, warga Tiyuh/Desa Dayasak ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com