Bergerak Melayani Warga, Pemkab Tulangbawang Luncurkan 16 Program Unggulan

Tanggal 20 Mei 2018 - Laporan - 2671 Views
Program unggulan Bupati Tulangbawang Winarti dan Wakil Bupati Hendriwansyah

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (pemkab) Tulangbawang di bawah pimpinan Bupati Winarti dan Wakil Bupati Hendriwansyah, mulai merealisasikan16 program pembangunan unggulan.

 

Program unggulan dengan slogan Bergerak Melayani Warga (BMW) itu, dilaksanakan secara bertahap pada seluruh kecamatan di Kabupaten Tulangbawang.  

   

“Pemkab Tulangbawang tahun ini mulai merealisasikan 16 program unggulan Bergerak Melayani Warga. Program-program unggulan ini, kita laksanakan di seluruh wilayah kecataman,” kata Bupati Winarti saat safari Ramadan di Masjid Nur-Iman, Kampung Tiuh Tohow, Kecamatan Menggala, Kamis (17/5/2018).

 

Bupati memaparkan, 16 program unggulan itu meliputi: Alokasi Dana Kampung BMW. Pada program ini setiap kampung mendapatkan dana pembangunan Rp250 juta yang bersumber dari APBD kabupaten

 

Pembangunan irigasi dan infrastruktur pertanian. Bantuan bibit tanaman dan sarana pendukung budidaya pertanian. Penyediaan fasilitas penerangan listrik di seluruh kampung. Peningkatan kualitas pelayanan pembuatan dokumen administrasi kependudukan, melalui pengadaan mobil layanan keliling.

 

Menurunkan angka kematian ibu dan bayi, melalui  Program Peningkatan Keselamatan Ibu Melahirkan dan Anak serta GASIBU. Pemberian tunjangan khusus tenaga medis, bidan desa dan kader Posyandu.

 

Pembukaan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran dan kriminalitas dengan Pemberian Stimulan Usaha Produktif untuk: pemberdayaan pemuda, kaum perempuan, kelompok tani, usaha kecil dan Industri rumah tangga.

 

Pemberian beasiswa bagi keluarga tidak mampu dan berprestasi. Peningkatan kesejahteraan untuk tenaga honorer pendidikan dan tenaga kesehatan. Pemberian susu dan telur gratis, sebagai makanan tambahan bagi siswa.

 

Selanjutnya: kemudahan penyesuaian ijazah dan izin belajar bagi ASN disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Santunan kematian bagi masyarakat miskin. Bantuan sarana peribadatan, penyediaan dana hibah untuk Insentif babinsa/ babinkantibmas, penyandang cacat, bantuan kepada lanjut usia dan umrah. 

 

Bantuan dukungan pendidikan di madrasah, pesantren, diniyah, honor guru PAUD dan TPQ serta Bantuan bedah rumah bagi masyarakat miskin.

 

Bupati meminta seluruh aparatur kecamatan dan kampung, komitmen melakasanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing, sesuai aturan yang berlaku.

 

“Seluruh aparat kampung dan kecamatan harus melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Itu semua untuk keberhasilan program pembangunan yang kita laksanakan, mewujudkan visi Tulangbawang Aman, Mandiri dan Sejahtera,” terangnya.

 

Pada agenda Safari Ramadan itu, bupati juga menyerahkan bantuan dana penunjang peribadatan di masjid setempat sebesar Rp20 juta. Kemudian, santunan untuk seratus anak yatim dan piatu.

 

Pelaksanaan program Safari Ramadan di lingkup Pemkab Tulangbawang dibagi tiga tim: 
Tim pertama dipimpin Bupati Winarti, tim dua dipimpin Wakil Bupati Hendriwansyah dan tim tiga dipimpin Ketua DPRD Tulang bawang Sopi’i. (rhm)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Serahkan Tali Asih untuk Kafilah MT ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Penjabat (Pj) Bupati Ir. Mulyadi Irsan memb ...


Temu Petani, Pj Bupati Bahas Program I-Care d ...

MOMENTUM, Ulubelu--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan m ...


Komitmen Bangun Desa, Pemdes Padang Ratu Real ...

MOMENTUM, Kotabumi--Desa Padang Ratu, Kecamatan Sungkai Utara, Ka ...


Nanang Ermanto Buka TMMD ke-120 di Lampung Se ...

MOMENTUM, Tanjungbintang--Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com