Adipati Sosialisasi Unit Layanan Cepat Rumah Pintar

Tanggal 30 Okt 2019 - Laporan - 850 Views
Raden Adipati Surya. Foto. Vit.

MOMENTUM, Waykanan--Sejumlah kendala yang dihadapi petani adalah keterbatasan memperoleh modal, sarana dan prasarana pertanian, penanggulangan hama penyakit tanaman, lahan dan harga yang tidak seimbang, serta akses pasar.

Cara yang terbaik adalah menciptakan keunggulan kompetitif dan dengan cepat belajar serta lentur dalam menghadapi setiap perubahan. Harus menciptakan keunggulan berkelanjutan, bagaimana menciptakan respon, beradaptasi dan menciptakan ide-ide kreatif dan cepat mengambil keputusan.

Hak tersebut disampaikan Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya saat sosialisasi Unit Layanan Cepat (ULC) Rumah Pintar (Rumpi) di Aula Dinas TPHP,  Selasa (29-10-2019).

Untuk menjawab dan menyelesaikan permasalahan di bidang pertanian yang sering terjadi di lapangan, memerlukan strategi dalam pelayanan untuk mendukung peningkatan produksi pertanian. 

Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah Rumah Pintar (Rumpi), yang digunakan sebagai media mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh petani. 

Rumah Pintar ini adalah tempat yang berfungsi sebagai one stop service bagi petani dalam memenuhi solusi kebutuhan   terkait kegiatan budidaya pertanian. Di antaranya, permodalan, saprodi, informasi teknologi, kebutuhan akan pengairan, jasa alat mesin pertanian, prosesing dan pemasaran.

Dalam proses kegiatan Rumpi harus memiliki Unit Layanan Cepat (ULC) untuk melaksanakan kegiatan pelayanan yang cepat dan tanggap. Diharapkan kepada Tim ULC yang terdiri dari kepala bidang, pokjanal, koordinator POPT, dokter hewan, KTNA kabupaten dan brigade Alsintan dapat bekerja sama dengan baik, saling berkoordinasi dan menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Pada kesempatan itu, Adipati menyerahkan bantuan operasional penyuluh pertanian lapangan sebanyak 14 unit  kendaraan bermotor untuk koordinator penyuluh di 14 kecamatan. (vit).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


39 Calon Anggota Paskibraka Lamsel Lolos Sele ...

MOMENTUM, Kalianda--Tahapan seleksi calon anggota paskibraka (cap ...


Enam Siswa di Lamsel Ikuti Seleksi Paskibraka ...

MOMENTUM, Kalianda--Hasil seleksi anggota paskibraka Lampung Sela ...


214 Kampung-Kelurahan se Waykanan Laksanakan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejalan dengan perkembangan teknologi, p ...


Bupati Buka Tanggamus Expo 2024 ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsa ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com