BPBD Siap Tanggulangani Kebakaran di Bandarlampung

Sejumlah armada pemadam kebakaran di BPBD Kota Bandarlampung./Rifat

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung siap menanggulangani terjadinya kebakaran di wilayah setempat.

Hal itu disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Tanggap Darurat, Evakuasi dan Kebakaran BPBD Bandarlampung Suhaimi kepada Harianmomentum.com, Jumat (8-11-2019).

"Kami akan memanfaatkan semua potensi yang ada guna memaksimalkan penanganan serta penanggulanan kebakaran yang kerap terjadi di kota ini," kata Suhaimi.

Untuk menangani bencana kebakaran, BPBD Bandarlampung saat ini memiliki 14 armada pemadam kebakaran. Rincianya: tujuh kendaraan pemadam serta tujuh kendaraan pengirim air.

BPBD Bandarlampung juga menyebar armada pemadam di delapan kecamatan agar lebih mudah dan cepat menjangkau lokasi kebakaran. Selain itu, ada juga satu armada yang disiagakan di Kantor Dinas Sosial, untuk membantu memenuhi pasokan air bersih pada masyarakat.

"Armada BPBD saat ini baru bisa ditempatkan didelapan kecamatan. Sedangkan 12 kecamatan lainnya belum, karena keterbatasan jumlah kendaraan pemadam," katanya.

Untuk tenaga pemadam, saat ini BPBD punya 60 petugas harian yang siap siaga selama 24 jam menanggulangi bencana.  

Berdasarkan data BPBD Bandarlampung tercatat 252 peristiwa kebakaran yang terjadi di 20 kecamatan selama periode Januari hingga Oktober 2019. Paling banyak terjadi pada September, 75 kasus kebakaran. (rft)

Berikan Komentar