Resmikan Tugu Kerukunan Umat Beragama, Walikota Ajak Warga Panjang Eratkan Persatuan

Tanggal 29 Jan 2020 - Laporan - 1453 Views
Walikota Bandarlampung Herman HN menyampaikan sambutan peresmian Tugu Kerukunan Umat Beragama di Kecamatan Panjang

MOMENTUM, Bandarlampung-- Kerukunan antar umat beragama harus dijaga. Kemajemukan keyakinan tidak boleh menjadi pemecah belah masyarakat, khususnya di Kota Bandarlampung.

Hal tersebut disampaikan Walikota Bandarlampung Herman HN saat meresmikan Tugu Kerukunan Umat Beragama di Kecamatan Panjang, Rabu (29-1-2020).

"Kita bangun tugu ini agar menjadi pengingat untuk saling menjaga kerukunan antar pemeluk agama. Saling menghormati, meskipun berbeda keyakinan, terpenting tetap bersatu. Kalau kita rukun damai Indonesia pasti aman sentosa," kata Heraman HN.

Dia juga mengajak warga Kecamatan Panjang tetap mempererat persatuan. Jangan terprovokasi isu-isu politik yang dapat memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Jangan mau kita dipecah belah, atas nama apa pun. Apa lagi tahun ini adalah tahun politik yang panas di Bandarlampung. Jangan sampai menjadi ancaman terhadap kerukunan umat beragama," tegasnya.


Hal Senada dikatakan Camat Kecamatan Panjang Barmado. Dia menekankan pentingnya persatuan bangsa, dan menghindari perpecahan.

"Tugu ini berdiri sebagai bukti, bahwa kerukunan umat beragama (di Kecamatan Panjamg) sejak lama sudah terjaga," kata Bramado.

Dia menerangkan, proses pembangunan tugu tersebut memakan waktu sekitar dua bulan. Biaya pembangunanya kurang lebih Rp100 juta.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Panjang Purna Irawan mengatakan, tugu tersebut simbol pemersatu bangsa, yang hanya ada tiga di Indonesia: Manado, Semarang dan  kecamatan Panjang, Bandarlampung.

"Untuk di Sumatera, ini tugu yang pertama. Tugu ini berdiri berkat inisiasi bersama dari enam umat beragama di Kecamatan Panjang," kata Purna.

Pada bagian paling atas tugu setinggi enam meter itu terdapat kubah masjid sebagai simbol Islam yang menjadi agama mayoritas warga Kecamatan Panjang. Di bawahnya ada lambang lima agama lainya: hindu, budha, kristen, katolik, dan konghucu. (rft)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com