DPR Sambut Positif Wacana Ganjil-Genap Di Jalan Tol

Tanggal 12 Apr 2017 - Laporan - 988 Views
Ilustasi jalan tol. Foto: Google

Harianmomentum--Pemerintah mewacanakan penerapan sistem plat nomor kendaraan ganjil-genap di beberapa ruas tol. Sistem ini tengah dikaji sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi kemacetan saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2017.


Anggota Komisi V DPR RI Sahat Silaban mengaku menyambut positif wacana tersebut. "Saya kira wacana itu cukup bagus juga dan sebagai salah satu solusi dari berbagai metode yang ditawarkan dalam mengurai kemacetan. Dengan adanya wacana itu setidaknya, tidak menimbulkan penumpukan kendaaran di satu titik," jelasnya dikutip RMOL.co di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (11/4).


Sahat mengakui jika wacana tersebut akan menimbulkan pro kontra dari banyak kalangan, terutama para pengguna jalan tol. Meski demikian dia merasa yakin pada akhirnya publik bisa menerima.

"Pro kontra tentu pasti akan terjadi tapi setelah itu bisa menerima. Dulu soal ganjil-genap di dalam kota juga awalnya muncul pro dan kontra, setelah itu bisa diterapkan," ujarnya. 

Karena itu, politisi Partai Nasdem tersebut memberikan catatan. Agar tidak menimbulkan persoalan maka pemerintah terlebih dahulu meminta pandangan serta masukan dari stakeholder terkait, salah satunya Komisi V DPR.

"Wacana ini juga harus disosialisasikan kepada para pengguna jalan tol jauh-jauh hari sebelum sistem ini diberlakukan. Sehingga masyarakat tidak kaget pada pemberlakukan sistem ganjil-genap," tutur Sahat.

Yang tidak kalah penting, Sahat mengingatkan agar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) selalu melakukan pengecekan berkala terkait kesiapan infrastruktur jalan sebelum pemberlakuan sistem tersebut.  

"Jangan sampai saat diberlakukan sistem ini malah tidak didukung dengan kesiapan infrastruktur jalan dan tol," pungkasnya
. (red)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com