Jelang Mudik, Jalinsum Tarahan Rusak

Tanggal 05 Jun 2017 - Laporan - 1226 Views
Kondisi Badan Jalan Lintas Sumatera di ruas tanjakan Tarahan Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan.

Harianmomentum--Kondisi ruas Jalan Lintas Sumatera  (Jalinsum) di wilayah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) yang akan menjadi jalur utama arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah/2017 Masehi belum sepenuhnya baik. Kerusakan jalan terjadi di sejumlah lokasi jalan lintas tersebut. Salah satunya di ruas tanjakan Tarahan, Kecamatan Katibung.

 

Kondisi bandan jalan pada jalur tanjakan dan meningkung itu rusak parah. Hampir seluruh badan jalan yang menggynakan material cor beton itu, berlubang. Akibatnya, pengedara kendaraan yang melintas harus ekstra waspada. Jika tidak, bukan tidak mungkin celaka menanti. Terlebih ruas jalan tersebut berada di sisi jurang.

       

“Dalam tiga bulan terakhir, sudah dua kali dilakukan tambal sulam, tapi tetap rusak lagi. Soalnya tambal sulamnya hanya menggunkan aspal. Padahal, badan jalan inikan menggunakan material cor beton, karena  kendaraan yang melintas kebanyakan bertonase besar,“ kata Mustar (40) pedagan oleh-oleh di lokasi tersebut, Senin (5/6).

 

Mustar juga mengkritisi tidak seimbanganya program pembangunan jalan nasional di Lampung, khususnya wilayah  Lamsel. “Jalan Lintas Sumatera ini juga kan Jalan Nasional, tapi terkesan pemerintah abai dan lebih fokus membangun Jalan Tol Trans Sumatera. Padahal jalan tol itu juga sepertinya belum siap untuk digunakan sebagai jalur mudik,“ ungkapnya.

 

Hal senada dikatakan Kepala Desa Tarahan Junaedi. Menurut dia, seharusnya perbaikan Jalinsum juga perhatian serius pemerintah.

 

“Cukuplah jalur Tarahan dikenal ekstrim dengan tanjakan dan  turunan tajamnya, tapi jangan ditambah lagi dengan buruknya kondisi bandan jalan seperti saat ini. Sebaiknya jalur-jalur vital seperti ini jangan sampai luput dari perhatian pemerintah,” kata Junaedi. (Bob)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Cegah DBD, Polres Tubaba Fogging di Lingkunga ...

MOMENTUM, Panaragan--Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) mengerahk ...


Tubaba Bimtek Smart Village ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat ...


Polres Pringsewu Bantu Cegah DBD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Upaya pencegahan dan penanggulanan penyakit ...


Warga Podomoro Berharap Revitalisasi Bendunga ...

MOMENTUM, Pringsewu--Para petani di Pekon Podomoro, Kecamatan Pri ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com