Pengamanan Mudik Lebaran, Lamsel Bentuk Posko Terpadu

Tanggal 06 Jun 2017 - Laporan - 1267 Views
Rakor Pemkab Lamsel membahas persiapan pengamanan arus mudik lebaran.

Harianmomentum--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) akan mendirikan Posko Terpadu di sepanjang jalan lintas sumatera  yang menjadi jalur utama arus mudik dan balik lebaran tahun 2017/ 1436 Hijriyah.

 

Rencana pembentuk posko tersebut terungkap dalam rapat koordinasi (rakor) antara jajaran Pemkab dan Polres Lamsel. Rakor membahas rencana penyelenggaraan operasi pengamanan lebaran itu berlangsung di Aula Rajabasa, kantor pemkab setempat, Selasa (6/6).

 

Asisten II Bidang Ekobang Pemkab Lamsel  Mulyadi Saleh mengatakan pelayanan yang akan disiapkan dalam Tim Terpadu Pengamanan Lebaran meliputi: Posko Pengamanan Satuan Lalulintas Polres Lamsel, Posko Dinas Perhubungan, Posko Kesehatan. Kemudian: Posko Damkar dan Sat Pol PP, Posko PU, PT. ASDP dan PT. PP.


“Posko terpadu ini rencananya, akan mulai kita jalakan pada H-10 sampai H+10,” kata Mulyadi saat memimpin rakor tersebut.

 

Dia berharap, melalui posko terpadu itu dapat menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, kenyamanan bagi masyarakat menjelang dan pasca lebaran.

 

”Semaksimal mungkin, diharapkan pelayanan mudik lebaran pada tahun ini dapat berjalan aman dan terkendali,” kata Mulyadi.

 

Pada rakor itu Kasat Lantas Polres Lamsel AKP Rafli Setya Nugraha mewakili kapolres menyampaikan, jumlah pemudik tahun ini diperkirakan meningkat sekitar lima persen dibanding tahun lalu.

 

“Dengan melibatkan berbagai instansi, pengamanan arus mudik tahun ini harus lebih baik dari sebelumnya,“ kata  Rafli.

 

Menurut dia, seluruh ruas jalinsum merupakan titik rawan kecelakaan. Karena itu, dia berharap pemasangan rambu-rambu, spanduk atau baliho peringatan harus dilakukan sebelum H-10.

 

"Untuk mengurangi kemacetan, jalur lintas timur dapat digunakan pemudik tujuan Palembang, Jambi, Padang. Satlantas Polres Lamsel siap mengamankan arus mudik, seandainya Jalan Tol Sumatera pun digunakan untuk mengurangi kemacetan," terangnya.

 

Rakor tersebut juga diikuti Humas PT PP Yus Yusuf. Dia  mengatakan Jalan Tol Trans  Sumatera sudah bisa dilalui kendaraan bermotor pada STA.0 sampai STA.710.

 

"Jalan Tol baru dapat kita gunakan saat keadaan arus mudik emergensi, karena memang belum rampung seratus persen," jelasnya.(alp)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Cegah DBD, Polres Tubaba Fogging di Lingkunga ...

MOMENTUM, Panaragan--Polres Tulangbawang Barat (Tubaba) mengerahk ...


Tubaba Bimtek Smart Village ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat ...


Polres Pringsewu Bantu Cegah DBD ...

MOMENTUM, Pringsewu--Upaya pencegahan dan penanggulanan penyakit ...


Warga Podomoro Berharap Revitalisasi Bendunga ...

MOMENTUM, Pringsewu--Para petani di Pekon Podomoro, Kecamatan Pri ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com