Pringsewu Siaga Bencana

Tanggal 21 Des 2020 - Laporan - 505 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi membuka webinar Siaga Bencana Menghadapi Cuaca Ekstrim.

MOMENTUM, Pringsewu--Kondisi cuaca esktrim yang terjadi akhir-akhir ini, bisa memicu terjadinya bencana alam seperti bajir dan tanah longsor. Karena ity, masyarakat dan semua pihak harus meningkatkan kewaspadaan.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi saat membuka webinar yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB) setempat, Senin (21-12-2020).

Acara yang berlangsung di aula kantor pemkab setempat itu mengusung tema Pringsewu Siaga Bencana Menghadapi Cuaca Ekstrim.   

"Upaya antisipasi harus disiapakan lebub terencana dan sistematis dengan menerapakan sistem deteksi dini, kesiapan dan kesiapsiagaan personel dan peralatan sesuai standar operasional prosedur," kata wabup.

Dia menerangkan, berdasarkan Instruksi Presiden Nomor: 4 Tahun 2012 tentang Penanggulangan Bencana Banjir dan Tanah Longsor, setiap  perangkat daerah, TNI dan Polri serta lembaga-lembaga lain mempunyai tugas dan fungsi mulai dari pencegahan, penanganan, hingga pemulihan pasca bencana.

Selaian itu, wabup juga memimta sosialisasi untuk memberikan pemahaman pada masyarakat terkait kewaspadaan dan antisipasi dampak bencana terus dilakukan.

"Masyarakat harus terus diberi pemhaman terkait peningkatan kewaspadaan dan antisipasi dampak bencana. Ini semua untuk mempermudah penanganan jika, sewaktu-waktu terjadi bencana," terangnya.

Selain jajaran pemkan, webinar yang antara lain menghadirkan narasumber BMKG dan BPBD Provinsi Lampung itu dikuti: anggota DPRD, kepolisian, TNI, Tagana, ORARI dan RAPI. (**)

Laporan: Sulistiyo

Editor: Munziar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Halalbihalal PWRI, Budiono Bakti Ungkap 13 Pi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Persatuan Wredatama Republik Indonesia ...


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com