Dandim 0429/Lamtim Motivasi Warga dan Satgas TMMD

Tanggal 19 Mar 2021 - Laporan - 557 Views
Komandan Kodim 0429/Lamtim Letkol Kav.Muhammad Darwis bersama aparat Desa Sukorahayu, Kecamatan Labuhanmaringgai

MOMENTUM, Labuhanmaringgai--Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bentuk peran aktif TNI dalam mendukung program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. 

Hal tersebut dikatakan Komandan Kodim 0429/Lampung Timur Letkol Kav.Muhammad Darwis saat meninjau kegiatan TMMD ke 110 di Desa Sukorahayu dan Desa Karanganyar, Kecmaatan Labuhanmaringgai, Jumat (19-3-2021).

selain bentuk peran aktif mendukung pembangunan, menurut Dandim, program TMMD adalah bentuk nyata kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

"Lewat TMMD ini TNI membantu kelancaran program pembangunan sekaligus mempererat kemanunggalan dengan rakyat," kata Letkol kav.Muhammad Darwis selaku Komandan Satgas TMMD ke 110.

Dia menerangkan, program TMMD ke 110 di wilayah teritorial Kodim 0429/Lamtim meliputi bidang fisik dan nonfisik. Untuk bidang fisik antaralain dilakukan dalam bentuk pembangunan jalan penghubung antar desa, rehab musala, dan bedah rumah tidak layak huni. 

Sedangkan untuk kegiatan nonfisik, antara lain: penyuluhan hukum, pelayanan pemeriksaan kesehatan dana pengobatan gratis serta, bakti sosial berupa bantuan sembako untuk warga tidak mampu. Termasuk sosialisasi penerapan disiplin protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid-19.

"Pembangunan jalan onderlagh penghubung Desa Sukorahayu dan Karanganyar ini bertujun mempermudah akses transportasi, untuk mendukung kelacaran gerak rodak perekonomian masyarakat. Begitu juga dangan kegiatan pembangunan fisik yang lain," terangnya. 

Dandim berharap, melalui program TMMD tersebut, kemanunggalan TNI dengan Rakyat, khsusnya di wilayah teritorial Kodim 0429 akan semakin erat.

"Semoga dengan TMMD ini, semakin mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat untuk berperan aktif mendukung kelancaran program pembangunan," harapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Sukorahayu Khasbullah. Menurut dia, banyak dampak positif yang dirasakan warga sejak adanya program TMMD di desa tersebut.

"TMMD ini banyak membantu kami. Salah satunya pembangunan jalan penghubung ini.Dengan dibangunnya jalan penghubung ini akses transportasi warga semakin lancar. Sekarang lebih mudah mengangkut hasil pertanian dan juga hasil tangkapan nelayan. Sebagain besar warga kami, bermatapencaharian sebagai nelayan dan petani," ungkapnya. 

Sumanto (50) salah satu warga Desa Sukorahayu juga merasa sangat terbantu dengan adanya program TMMD tersebut.  

"Sebelum ada TMMD, pekerjaan saya hanya serabutan. Alhamdulillah sejak ada TMMD ini saya bisa ikut bekerja membantu bapak-bapak tentara membangun desa. Jadi biar sedikit bisa menabung untuk persiapan lebaran nanti," ungkapnya.(**)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com