Tekab Tulangbawang Tangkap Pelaku Curat dengan Puluhan TKP

Tanggal 25 Mar 2021 - Laporan - 488 Views
Anggota kepolisian membekuk spesialis pencuri handphone./ist

MOMENTUM, Menggala--Tim Khusus Antibandir (Tekab) Polres Tulangbawang menangkap tersangka pelaku pencurian yang telah beraksi di puluhan tempat kejadian perkara (TKP).

Spesialis curat ini ditangkap pada Selasa (23-3-2021) sekira pukul 14.00 WIB di Jalan Lintas Timur (Jalintim), Kecamatan Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah.

"Pelaku berinisial PE alias YI (37) merupakan warga Simpang 5, Kecamatan Banjarmargo, Kabupaten Tulangbawang," ujar Kasat Reskrim AKP Sandy Galih Putra, mewakili Kapolres AKBP Andy Siswantoro, Kamis (25-3).

AKP Sandy menjelaskan, penangkapan pelaku berdasarkan laporan korban Ngadi (39) warga Desa Sidomulyo, Kecamatan Muarapadang, Kabupaten Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan.

Aksi curat yang dilakukan pelaku terjadi Senin (21-12-2020) sekira pukul 02.00 WIB, di rumah saksi Tejo, warga Kampung Penawarjaya, Kecamatan Banjarmargo.

Mulanya korban dan saksi istirahat di ruang tamu dan ketiduran. Setelah bangun tidur, handphone (HP) Android Oppo F9 warna ungu milik korban dan HP Android Oppo A12 warna biru milik saksi sudah hilang yang mengakibatkan kerugian ditaksir senilai Rp9 Juta.

"Saat ditangkap, dari tangan pelaku ini berhasil disita barang bukti (BB) berupa HP Android Oppo A12 warna biru milik saksi Tejo," jelasnya.

Hasil pemeriksaan terhadap pelaku, ternyata aksi kejahatannya telah dilakukan di 24 TKP dengan sasarannya HP berbagai merk. Berdasarkan rincian, 22 TKP berada di Kabupaten Tulangbawang dan dua lokasi lainnya di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

"Ketika sedang dilakukan pengembangan, pelaku ini berusaha melarikan diri sehingga dengan terpaksa petugas kami melakukan tindakan tegas dan terukur pada betis kaki kanan pelaku," tambah AKP Sandy.

Pelaku saat ini sudah ditahan di Mapolres Tulangbawang dan dijerat pasal 363 KUHPidana tentang pencurian dengan pemberatan. Diancam dengan pidana penjara paling lama tujuh tahun. (**)

Laporan: Abdul Rahman

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Demi Narkoba, Pemuda Asal Pringsewu Gelapkan ...

MOMENTUM, Pringsewu--Bermodus rental, seorang pria berinisial AI ...


Seorang Penadah Motor Curian Ditangkap Polisi ...

MOMENTUM, Seputihbanyak--Setelah meringkus tiga orang pelaku penc ...


Lima Tahun Buron, Perncuri 52 Tabung Gas Dita ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah sekitar lima tahun bersembunyi, pe ...


Polsek Punggur Bekuk DPO Pelaku Curat ...

MOMENTUM, Punggur--Gerak cepat jajaran Team Khusus Anti Bandit (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com