Hari Air Sedunia, PT Coca Cola Lampung Tanam Pohon

Tanggal 31 Mar 2021 - Laporan - 573 Views
Penanaman pohon dalam rangka memperingati hari air sedunia tahun 2021.

MOMENTUM, Bandarlampung--Memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day) 2021, PT Coca Cola Amatil Indonesia Provinsi Lampung mengadakan kegiatan penanaman pohon serta membuat biopori serentak di kebun edukasi rumah dinas bupati Lampung Selatan (Lamsel).

Dalam sambutannya, Plant Operational Manager CCAI, SSO, Lampung Teguh Widodo menyampaikan, dunia sedang memperingati Hari Air Sedunia (World Water Day) pada hari ini, Rabu 31 Maret 2021.

Kegiatan ini mengusung tema "Menghargai Air, Menjaga Keberlanjutan Kehidupan" dan sub-tema "Menanam Pohon & Membuat Biopori,".

Menurut Teguh, peringatan ini bermula pada 22 Desember 1992. "Yang saat itu, Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) membahas tentang lingkungan dan pembangunan di Rio de Janeiro, Brazil," ujarnya.

Pada tahun yang sama, Majelis Umum PBB memutuskan bahwa tanggal 22 Maret setiap tahunnya akan diperingati sebagai Hari Air Sedunia. Namun, dalam pertemuan itu, diputuskan Hari Air Sedunia mulai diperingati pada 22 Maret 1993.

Beberapa waktu setelahnya, barulah berbagai peringatan dan acara ditambahkan dalam peringatan ini. Misalnya saja International Year of Cooperation in the Water Sphere atau disebut Tahun Kerjasama Internasional di Bidang Air yang diadakan tahun 2013.

Selain itu juga perayaan Decade for Action on Water for Sustainable Development atau Aksi Dekade Internasional tentang Air untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Peringatan Hari Air Sedunia untuk menegaskan kembali bahwa tindakan air dan sanitasi adalah kunci untuk pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi, dan kelestarian lingkungan/alam.

Tujuannya adalah penting nya air dan meningkatkan kesadaran lebih dari semua individu yang hidup, tanpa air bersih tentu kita akan kesulitan,"ujarnya.

Selanjutnya Teguh menambahkan, tentang aksi untuk mengatasi krisis air secara global. Fokus utama Hari Air Sedunia adalah untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yakni air, sanitasi dan pohon untuk semua.

Setiap tahun, tema Hari Air Dunia selalu berganti. Untuk itu ditunjuk badan PBB yang berkompeten sebagai koordinator sesuai dengan tema pada tahun tersebut.

Pada tahun 2021, PT Coca Cola Amatil Indonesia memperingati Hari Air Sedunia (HAS) mengelar kegiatan dengan menanam pohon dan pembuatan biopori yang dilaksanakan di kebun edukasi Rumdis bupati Lamsel.

Pembangunan ekonomi dan pertumbuhan populasi global mengartikan, pertanian dan industri semakin ‘haus’ dan bangkitkan energi intensif air  meningkat untuk memenuhi permintaan itu. 

Sedangkan perubahan iklim akan membuat air dalam kondisi tidak menentu yang pada akhirnya berkontribusi pada krisis Air dan polusi.

Masyarakat sebagai pemanfaat air lah yang harus menyeimbangkan antara kebutuhan dan ketersediaan air, dan kenyataan nya masih banyak masyarakat / orang yang tidak mempertimbangkan dalam porsi pemakaian air. 

Kita harus menghargai air, dengan cara bagaimana air dikelola dan dibagikan kesemua lapisan masyarakat Dunia.

Air lebih berharga dari nilai jualnya, Air memiliki nilai yang sangat besar dan komplek bila tidak dijaga dengan baik maka risikonya adalah kesulitan atas pengelolaan air yang salah ,padahal jumlah air terbatas dan tak dapat digantikan dengan apapun," ungkap Teguh.

Ketua Lampung Investment Tourism Board (LITB) Valentina Yuliana secara singkat mengatakan, air bersih merupakan kebutuhan yang tidak dapat dihindarkan oleh semua makhluk hidup, termasuk tanam tumbuh oleh karena itu manfaatkan air sebaik-baiknya.(**)

Editor: Nurjanah/rilis 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com