Rutan Menggala Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran

Tanggal 07 Okt 2021 - Laporan - 470 Views
Rutan Kelas II Menggala bekerja sama dengan Dinas Kebakaran melakukan sosialisasi penanggulangan kebakaran.

MOMENTUM, Menggala--Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Menggala bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Tulangbawang menggelar sosialisasi dan simulasi penanggulangan kebakaran, Kamis (7-10-2021).

Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Menggala, Gowim Mahali, mengatakan kegiatan itu bertujuan memberikan pemahaman kepada seluruh pegawai rutan tentang upaya mencegah kebakaran.

"Ini bertujuan untuk membekali kesiapsiagaan pegawai rutan bila sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran, dalam mengambil langkah seperti apa yang nanti harus dilakukan," katanya.

Sejauh ini belum pernah terjadi kebakaran di Rutan Kelas IIB Menggala. Hal itu, menurut dia, karena kesiagaan dan kesiapan personil rutan. Sosialisasi tersebut diharapkan meningkatan pemahaman agar lebih waspada ketika terjadi kebakaran.

"Saya juga mengimbau kepada seluruh warga binaan pemasyarakatan yang ada di Rutan Kelas IIB Menggala, agar lebih berhati-hati dalam penggunaan api, seperti api rokok maupun lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan DPKP, Muhammad Ishak mewakili Plt. Kepala DPKP, Dedy Palwadi, meminta peserta sosialisasi mengikuti kegiatan dengan baik agar mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran.

Menurut dia, seluruh personil rutan harus memiliki pengetahuan terkait dengan kebakaran. "Biasanya dalam keadaan darurat akan terjadi kepanikan. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa memahami dan menerapkan manajemen resiko kebakaran," katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa pemadam kebakaran tidak hanya bertugas menangani kebakaran, akan tetapi juga bertugas melakukan yang bersifat penyelamatan.

"Nanti kita lanjutkan dengan simulasi bagaimana cara memadamkan api dengan cara tradisional, dengan media karung basah, dengan media pasir maupun menggunakan tabung pemadam kebakaran," pungkasnya. (*)

Laporan: Abdul Rohman

Editor: M Furqon

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Demi Narkoba, Pemuda Asal Pringsewu Gelapkan ...

MOMENTUM, Pringsewu--Bermodus rental, seorang pria berinisial AI ...


Seorang Penadah Motor Curian Ditangkap Polisi ...

MOMENTUM, Seputihbanyak--Setelah meringkus tiga orang pelaku penc ...


Lima Tahun Buron, Perncuri 52 Tabung Gas Dita ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah sekitar lima tahun bersembunyi, pe ...


Polsek Punggur Bekuk DPO Pelaku Curat ...

MOMENTUM, Punggur--Gerak cepat jajaran Team Khusus Anti Bandit (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com