PWI Lampung Terima Kunjungan PWI dan SMSI Musi Banyuasin

Tanggal 25 Feb 2022 - Laporan - 495 Views
PWI Lampung saat menerima kunjungan PWI dan SMSI Musi Banyuasin

MOMENTUM, Bandarlampung--Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan SMSI Kabupaten Musi Banyuasin mengunjungi Balai Wartawan Hi Solfian Akhmad, Jumat (25-2-2022).

Kunjungan tersebut sekaligus mempererat silaturahmi antara PWI - SMI Musi Banyuasin dan PWI Provinsi Lampung.

Ketua PWI Lampung Wirahadikusumah pun menyambut baik kunjungan PWI dan SMSI musi Banyu Asin ke Sai Bumi Ruwa Jurai.

Dia juga sedikit mengulas dan memaparkan beberapa program kerja kedepan yang akan dilaksanakan dibawah komandonya. 

"Kita akan memasang server sendiri, nantinya bisa digunakan untuk media-media yang tergabung di PWI Lampung. Sgar kita bisa lebih mudah untuk mengontrol secara langsung guna lebih memudahkan ketika mengatasi problem yang terjadi di website seperti persoalan hxosting dan domain atau lainnya," kata Wira 

Kemudian, melalui server tersebut juga bisa mendukung program lainnya yang sudah digagas. "Seperti membuat platform E-commerce, dimana hal itu bisa menjadi bagian dari bidang usaha digital kita," ujarnya. 

Tidak hanya itu, PWI Lampung juga fokus untuk peningkatan kualitas para wartawan melalui sekolah jurnalistik dan UKW.

"Yang tidak kalah penting, PWI Lampung juga memiliki program sosial dikemas dalam bentuk "PWI Peduli" yang dilaksanakan setiap hari Jumat," jelasnya.

Dilain sisi, Wira mengingatkan, PWI jangan gentar untuk menyuarakan apa yang tercantum dalam undang-undang dan aturan yang ada di Dewan Pers. 

"Kita berbicara soal profesi personalnya, bukan mengurusi soal kerjasamanya karena itu bagian dari perusahaan persnya atau media masing-masing. Ayolah kita sama-sama memberikan pemahaman kepada semua pihak terkhusus Diskominfotik setempat agar mereka dapat memahami Tupoksi dan kedudukan kita," jelasnya.

Dia juga berharap PWI Lampung dengan PWI dan SMSI Musi Banyuasin bisa saling bersinergi dalam menjalankan Tugas dan Fungsi Organisasi tempat kita berkarya. 

Senada, Sekretaris PWI Provinsi Lampung Andi S Panjaitan mengucapkan permohonan maafnya apabila ada penyambutan yang kurang berkenan. 

"Lampung dan Sumsel memiliki historis yang kuat karena sesungguhnga kita adalah saudara. Jadi ketika ada persoalan kita bisa saling diskusi dan mencari jalan keluarnya bersama," jelasnya.

Terkait menjamurnya pertumbuhan media, lanjut Andi, PWI bisa memberi masukan kepada Diskominfotik atau instansi lain untuk dapat memperlakukan media secara adil. 

Namun ada satu catatan, adil itu tidak harus sama sesuai dengan spesifikasi atau kelas media itu sendiri. 

"Mengapa demikian agar tidak ada perselisihan atau problem yang bisa memicu keributan antar media dan wartawan di lapangan," singkatnya.

Sementara, Dewan Penasehat PWI Kabupaten MuBa Heriyanto mengucapkan terima kasih atas sambutan PWI Lampung.

Heriyanto juga mengungkapkan, selama ini PWI MuBa juga telah menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi untuk menunjang peningkatan pendidikan para wartawan. Bahkan termasuk untuk keluarga yang tergabung di PWI. 

"Kita akui bersama, saat ini memang benar perkembangan media di tempat kami juga sangat luar biasa dan kita tidak bisa membatasi itu. Namun kami berharap pemerintah dan instansi lain bisa membedakan mana yang media profesional dan mana yang tidak. Sehingga ketika wartawan yang benar-benar profesional bisa berkerja dengan baik dilapangan tanpa ada penolakan dari pihak manapun saat menjalankan tugas jurnalistiknya," papar Heriyanto. 

Di tempat yang sama, Muhammad Jon Kenedi Wakil Sekretaris SMSI Muba, mengucapkan terimakasih atas sambutan hangatnya atas kunjungan yang dilakukan oleh PWI dan SMSI Kabupaten Musi Banyuasin. 

"Kami berterima kasih atas sambutan yang sangat luar biasa. Kami tidak menyangka akan di sambut hangat seperti ini oleh PWI Provinsi Lampung," ucapnya. 

Mewakili Ketua serta pengurus SMSI, Muhammad Jon Kenedi, mengutarakan ada beberapa persoalan yang masih pelik. Dengan di cap nya Kabupaten Terkaya sehingga banyak sekali organisasi Pers serta media yang kian menjamur sehingga pemerintah setempat membutuhkan masukan dari PWI dan SMSI. 

"Selain silaturahmi, kami disini juga menginginkan masukan dan sharing dari PWI Lampung yang nantinya akan kami sampaikan kepada pemerintah serta instansi lain yang ada di Kabupaten Musi Banyuasin guna menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan aturan kerjasama media," ucapnya. (**)

Editor: Agung Darma Wijaya


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com