Tulangbawang Komitmen Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Tanggal 28 Jul 2022 - Laporan Abdul Rohman - 506 Views
Kegiatan Pendampingan Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik oleh Ombudsman perwakilan Provinsi Lampung terhadap jajaran Pemkab Tulangbawang

MOMENTUM, Menggala--Pemerintah Kabupaten Tulangbawang berkomitmen terus meningkatkan kualitas pelayanan publik di segala bidang.

Pernyataan tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Tulangbawang Anthoni saat membuka kegiatan Pendampingan Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik oleh Ombudsman perwakilan Provinsi Lampung. Kegiatan berlangsung di ruang rapat utama kantor pemkab setempat, Kamis (28-07-2022). 

"Peningkatan kualitas pelayanan pulbik menjadi bagian dari 25 program unggulan Bergerak Melayani Warga. Karena itu, kami terus berupaya maksimal meningkatkan kualitas pelayanan publik di berbagai bidang," kata Anthoni mewakili Bupati Winarti.

Dia berharap, kegiatan pendampingan oleh Ombudsman tersebut dapat semakin menambah pemahaman jajaran Pemkab Tulangbawang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. 

"Tahun 2018 lalu, (pelayanan publik) kita masih berkutat di zona merah. Tahun 2021 menjadi terbaik di Provinsi Lampung. Mudah-mudahan, pendampingan oleh Ombudsman semakin memotivasi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik menjadi yang terbaik di Indonesia," harapnya.

Asisten Bidang Pencegahan,Ombudsman perwakilan Provinsi Lampung Hidayat Pratama dalam pemaparanya mengatakan,  pelayanan publik yang baik: mudah, cepat dan berkualitas menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan pembangunan. Karena itu, pemerintah daerah dituntut terus meningkatkan kualitas pelayanan publik sesuai standar yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor: 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. 

Menurut dia, pelayanan publik yang baik harus memenuhi beberapa asas: kepentingan umum, kepastian hukum, kesamaan hak, keseimbangan hak dan kewajiban. Kemudian: profesional, partisipatif, persamaan perlakuan atau tindak diskriminatif, keterbukaan, akuntabilitas. Selain itu juga harus  dilengkapi fasilitas dan perlakukan khusus bagi kelompok rentan, ketepatan waktu, serta kecepatan kemudahan dan keterjangkauan.

"Setiap organisasi perangkat daerah harus melaksanakan standar pelayanan publik secara optimal juga profesional, sehingga memberikan Kepuasan terhadap Masyarakat secara keseluruhan," kata Hidayat Pratama. (**)

Editor: Munizar


Comment

Berita Terkait


Lamsel Raih WTP Delapan Kali Berturut ...

MOMENTUM, Kalianda--Untuk kedelapan kali berturut, Pemerintah Dae ...


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


BNPB Diminta Segera Tangani Masalah Banjir di ...

MOMENTUM, Mesuji -- Pemerintah Kabupaten Mesuji meminta Badan Nas ...


Kabupaten Mesuji Kembali Meraih WTP dari BPK ...

MOMENTUM, Mesuji -- Kabupaten Mesuji bersama 10 kabupaten/kota se ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com