Pemkab Tanggamus Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Besar Nasional

Tanggal 17 Sep 2024 - Laporan Galih/Asdijal/Kominfo Tanggamus - 69 Views
Penyerahan piagam penghargaan.

MOMENTUM, Tanggamus--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati hari besar nasional; Hari Palang Merah Indonesia (PMI), Hari Pamong Praja, Hari Olahraga Nasional dan Hari Perhubungan Nasional di Lapangan Pemda setempat, Selasa (17-9-2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Penjabat Sekretaris Daerah Suaidi mengatakan Hari PMI kita peringati setiap tanggal 17 September.

"Palang Merah Indonesia genap berusia
74 tahun. PMI dengan slogan-nya yang terkenal 'setetes darah Anda, nyawa bagi sesama' adalah sebuah organisasi perhimpunan nasional yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan," kata dia.

PMI mengabdikan diri untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.

Relawan PMI membantu mereka tanpa memandang dari mana mereka berasal, bahasa yang mereka gunakan atau warna kulit mereka insan-insan PMI selalu mau dan mampu bekerja secara ikhlas.

Selanjutnya, setiap 8 September diperingati Hari Pamong Praja, dan tahun ini memasuki ke-74 tahun.  Pamong Praja sudah lama dikenal dalam penyelenggaraan pemerintahan di negeri kita. Tugas utama yang diemban oleh para Pamong Praja adalah tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan umum.

Tugas-tugas ini antara lain adalah pembinaan ideologi Pancasila, pembinaan kesatuan bangsa,
pembinaan politik dalam negeri, hingga tugas pembinaan ketenteraman, dan ketertiban umum. Selain itu, para Pamong Praja juga memiliki tugas untuk melakukan koordinasi penyelenggaraan pemerintahan di daerah-daerah.

Ia juga mengatakan Momen Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh setiap tanggal 9 September, pantas dijadikan momentum mengajak seluruh lapisan elemen masyarakat untuk cinta dan peduli olahraga.

"Saya mengimbau kepada warga Tanggamus agar mengajak anak-anak kita untuk rajin berolahraga. Ini menghindarkan anak-anak dari perilaku destruktif yang tidak bermanfaat," kata dia.

Dia melanjutkan gedung olahraga milik Pemda tersebut, menjadi Lokasi berbagai event, baik event olahraga, budaya, bazzar/expo, sampai pelaksanaan Musrenbang kabupaten pun dilaksanakan di sana.

GOR Ratu jadi lokasi pertandingan Pekan Olahraga Kabupaten, pertandingan dan kejuaraan-kejuaraan daerah dari berbagai cabang olahraga. Awal bulan ini telah dilaksanakan pula di GOR Ratu, kompetisi/lomba antar kecamatan se Kabupaten Tanggamus dalam rangka bulan Kemerdekaan dan Haornas, yaitu Lomba Senam, kompetisi Bulutangkis, Tenis Meja dan Bola Voli.

Lanjut Pj. Sekdakab masih terkait Haornas, puncak peringatan Haornas tahun ini lebih spesial karena bertepatan dengan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumut.

Mulai 9 hingga 20 September 2024, sebanyak 12.919 atlet dari seluruh penjuru tanah air, dari 38 Provinsi se-Indonesia membela daerahnya masing-masing pada even PON XXI Tahun
2024.

"Kita sebagai warga Tanggamus patut berbangga karena terdapat 7 atlet asal Tanggamus saat ini berlaga di 3 Cabang Olahraga membela Provinsi Lampung. Yaitu Cabor Sepak Takraw, Pencak Silat dan Kick Boxing," ujar dia.

Informasi terakhir, atlet Tanggamus yang berlaga pada PON tersebut, berhasil meraih medali emas Pencak Silat atas nama Muhammad Wildan, asal Kecamatan Gisting.

Lalu atlet Sepak Takraw dari Tanggamus juga berhasil meraih medali perunggu sedangkan atlet Kick boxing hari ini masih diipertandingkan.

Selanjutnya, setiap tanggal 17 September, kita juga memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), dan tahun ini adalah Harhubnas ke-54 bertema “Transporatasi Maju Nusantara Baru“.

Peringatan Harhubnas merupakan momentum yang tepat bagi segenap insan perhubungan untuk meresapi kembali makna semboyan perhubungan  “Wahana Manghayu Warga Pertiwi” yang artinya perhubungan adalah wahana untuk mensejahterakan bangsa dan Negara. Perhubungan memiliki peranan yang amat strategis dalam keberhasilan Pembangunan.

Diserahkan juga piagam penghargaan kepada para pemenang Lomba oleh Pj Sekretaris Daerah didampingi Porkofimda Tanggamus.(**)

Editor: Agus Setyawan


Comment

Berita Terkait


Pj Sekda Tanggamus Lantik Guru Ahli Pertama ...

MOMENTUM, Tanggamus--Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggam ...


Pemkab Tanggamus Gelar Upacara Bendera Pering ...

MOMENTUM, Tanggamus--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus meng ...


HUT ke-25, KSP Tri Dharma Artha Gelar Jalan S ...

MOMENTUM, Seputihraman--Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Tri Dharma A ...


SMK Muhammadiyah Abung Semuli Mulai Projek Kr ...

MOMENTUM, Kotabumi--Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com