Pemkab Tubaba Ancam Tutup Peternakan Ayam Potong

Tanggal 29 Jan 2018 - Laporan - 1357 Views
Petugas DPMPP-TSP Kabupaten Tulangbawang Barat memberikan arahan pemilik usaha ternak ayam potong di Tiyuh Tirtakencana, untuk mengurus berbagai dokumen perizinan usaha.

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (pemkab) Tulangbawang Barat (Tubaba) mengacam menutup usaha peternakan ayam potong di RK 02, Tiyuh (Desa) Tirtakencana, Kecamatan Tulangbawang Tengah.


Ancaman tersebut disampaikan Kepala Bidang Pengaduan Pengawasan dan Pengendalian pada Dinas Penanaman Modal Pelayanan Prizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPP-TSP) setempat, Abu.

“Kita beri waktu satu bulan untuk mengurus semua dokumen perizinan. Kalau masih tidak diurus, terpaksa kandang ayam potong ini kita tutup," kata Abu saat meninjau usaha peternakan ayam potong tersebut, Senin (29/1).

Menurut Abu, peninjauan tersebut sebagai tindak lanjut keluhan masyarakat yang resah akibat banyaknya lalat di rumah mereka. Terutama setiap kali peternakan ayam potong itu panen. 

 

“Bukan hanya tidak ada izin. Usaha kandang ayam potong ini juga tidak memperhatikan dampak lingkungan,” ungkapnya.


Menurut dia, seharusnya pemilik usaha peternakan itu menyiapkan dan memberikan obat anti hama lalat kepada warga di sekitar kadang ayam tersebut. 

 

“Kita sudah minta pemilik memberikan obat anti hama lalat, termasuk memperhatikan hal-hal lain yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan,” jelasnya.

Supri pemilik usaha peternakan itu, mengaku usaha tersebut sudah berjalan lebih kurang satu tahun. Terkait perizinan, menurut dia, hanya berupa izin warga yang diketahui kepalo tiyuh  (kepala desa).

 

“Hanya ada izin warga yang diketahui kepalo tiyuh. Kalau yang lain belum diurus, karena saya kira hanya cukup izin warga dan kepalo tiyuh saja,” kata Supri.

Sebelumnya diberitakan, warga sekitar kandang ayam itu mengeluh dengan banyaknya hama lalat di rumah mereka. Terutama saat musim panen ayam potong di kandang ternak tersebut.

“Setiap panen ayam potong pasti rumah kami dipenuhi lalat. Susahnya setiap kita minta obat anti lalat, penunggu kandang itu selalui bilang tidak ada. Katanya, belum dikasih sama bos,” tutur salah satu warga setempat.(frk)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Demi Narkoba, Pemuda Asal Pringsewu Gelapkan ...

MOMENTUM, Pringsewu--Bermodus rental, seorang pria berinisial AI ...


Seorang Penadah Motor Curian Ditangkap Polisi ...

MOMENTUM, Seputihbanyak--Setelah meringkus tiga orang pelaku penc ...


Lima Tahun Buron, Perncuri 52 Tabung Gas Dita ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Setelah sekitar lima tahun bersembunyi, pe ...


Polsek Punggur Bekuk DPO Pelaku Curat ...

MOMENTUM, Punggur--Gerak cepat jajaran Team Khusus Anti Bandit (T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com