LPPNU Lambar Berupaya Patenkan Kopi Kaki Tiga

Tanggal 08 Mar 2018 - Laporan - 790 Views
Pengurus LPPNU Kabupaten Lampung Barat


Harianmomentum.com--Sejumlah program akan dilaksanaka Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama (LPPNU) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) untuk meningkatan produksi dan kualitas komoditi pertanian dan perkebunan di kabupaten setempat.


Salah satu program itu, mengupayakan hak paten dari Direktorat Jeneral Hak Kekayaan Intelektual (Dirjen Haki) atas temuan Kopi Kaki Tiga dengan barkode Kopi PBNU Bintang Sembilan. Inovasi temuan produk kopi itu merupakan hasil penelitian Pusat Penelitian Kopi (Puslitko) LPPNU Lambar bersama petani kopi setempat.

Ketua PCNU Lambar Hi. M. Danang Hari Suseno mengatakan, penelitian soal Kopi Kaki Tiga,sudah dilakukan selama dua tahun terakhir. Keunggulan jenis kopi tersebut, antara lain percepatan pertumbuhan dan keunggulan pada buahnya. 

”LPPNU Lambar sedang mengupayakan hak paten Kopi Kaki Tiga dengan Label Bintang Sembilan,” kata Hari didampingin Ketua LPPNU Lambar Kyai Agus Syifaur Rasyid, Kamis (8/3).

 

Menurut dia, LPPNU telah bekerja sama dengan pengusaha Kopi Sawung Mang Encak untuk pemasaran Kopi Kaki Tiga berlabel Bintang Sembilan LPPNU Lambar. Saat ini, pemasaran Kopi Kaki Tiga sudah menembus Pulau Jawa, khususnya daerah Sidoarjo dan Surabaya.

 

“Pengembangan selanjutnya ke arah produk  Pupuk Sembilan yang sudah diuji coba. Komposisi pupuk tersebut meliputi: susu, telur, madu, bawang putih, air kelapa, minyak ikan, rumput laut, jus pisang dan pepay,” terangnya.

Danang mengatakan, PCNU Lambar akan terus bergerak di berbagai bidang pembangunan: sosial, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan umat, kewirausahaan, pertanian dan lain-lain. (lem)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 3 Lepas Calon Jemaah Haji di ...

MOMENTUM, Semarang -- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 3 ...


Gelar Halal Bihalal, Bank Mandiri Siap Berkol ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bank Mandiri bersama Persatuan Wartawan ...


Arus Balik Pemudik di Pelabuhan Bakauheni Lan ...

MOMENTUM, Bakauheni -- Volume kendaraan di Pelabuhan Bakauheni, L ...


Ratusan Ribu Pemudik Kembali ke Jawa ...

MOMENTUM, Bakauheni--Volume arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Ka ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com