Disnaker Pringsewu Imbau Perusahaan Bayar THR H-7

Tanggal 04 Jun 2018 - Laporan - 1013 Views
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pringsewu Suheriyanto

Harianmomentum.com--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, mengimbau perusahaan di wilayah setempat, untuk membayar tunjangan hari raya (THR) pada karyawan, paling lambat  tujuha hari sebelum  (H-7) Hari Raya Indul Fitri.

 

Kepala Disnaker Pringsewu Suheriyanto mengatakan, imbaun tersebut disampaikan melalui surat  ke seluruh perusahaan, terutama perusahaan yang punya karyawan minimal 50 orang.

 

“Untuk di Kabupaten Pringsewu ada 17 perusahaan yang punya karyawan minimal 50 orang,” kata Suheriyanto pada harianmomentum.com, Senin (4/6/2018).

 

Dia melanjutkan, bukan hanya perusahaan dengan jumlah karyawan 50 orang yang diberikan surat imbauan pembayaran THR. Perusahaan dengan kategori menengah ke bawah juga diberikan surat imbaun yang sama.     

 

Dia menerangkan, surat pemberitahuan yang disampaikan ke perusahaan itu, merupakan tindak lanjut surat edaran dari Menteri Tenaga Kerja  perihal pembayaran THR.

 

“Perusahaan menengah ke bawah ada 151 dan sudah masuk BPJS. Total tenaga kerja di perusahaan menengah ke bawah itu, mencapai ai 1.951 orang. Tenaga kerja di Pringsewu ini masih di dominasi usaha skala industri rumah tangga,” ungkapnya.

 

Selain membeikan surat edaran tetang waktu pembayaran THR , Disnaker Pringsewu juga membentuk t pos pengaduan THR di kantor dinas setempat.

 

“Sampai saat ini sebagian besar keluhan tenaga kerja yang kami terima adalah soal besar upah yang belum mengikuti UMP, terutama bagi penyedia jasa kecil, seperti penjaga toko. Tetapi untuk.perusahaan yang berstatus PT sudah memenuhi UMP,”  jelasnya.

 

Dia menambahkan, untuk permohonan pembuatan surat keterangan pencari kerja atau kartu kuning, rata-rata mencapai 100 orang perbulan. “Biasanyapermohonan pembuatan kartu kuning, melonjak  setelah Hari Raya Idul Fitri,”  terangnya. (lis)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Usulan IJD Belum Ada Kepastian, Pj Gubernur: ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


Empat OPD di Metro Terima Penghargaan SAKIP ...

MOMENTUM, Metro--Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingk ...


Disdikbud Metro Gencarkan Program Ayo Sekolah ...

MOMENTUM, Metro--Ayo Sekolah menjadi salah satu program unggulan ...


Perbaiki Infrastruktur, Dinas BMBK Mulai Liba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BM ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com