Pemkab Pringsewu Mantapkan Pengembangan Program Kotaku

Tanggal 10 Jul 2018 - Laporan - 715 Views
Lembaga Kotaku Pringsewu gelar konsolidasi./Sulistyo

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu melalui Lembaga Kotaku menggelar rapat konsolidasi guna membahas berbagai program kerja dan pemantapan komponen, Selasa (10/07). 

Sektetaris PokJa Pembangunan Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi Kotaku Kabupaten Pringsewu Ivan Kurniawan menuturkan bahwa kunci utama keberhasilan Program Kotaku Pringsewu adalah Koordinasi dan Kolaborasi.

"Misalnya melalui kelompok kerja P3AMS Kabupaten Pringsewu sebagai penggerak agar seluruh pelaku program pemberdayaan masyarakat di seluruh wilayah lebih hidup dan berkembang," ujar Ivan Kurniawan yang juga Sekretaris Dinas PMP Pringsewu.

Ia memaparkan ada beberapa komponen yang dibahas dalam rapat konsolidasi tersebut. Diantaranya indikator peluang keberhasilan penuntasan kawasan kumuh di wilayah Pringsewu 

Disamping itu juga pemantapan komponen kelembagaan, seperti Pokja P3AMS Pembangunan Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi. Alokasi dana kegiatan proyek pada kabupaten secara kolaborasi dan potensi keberpihakan swasta.

Selain juga komponen ekonomi, akses keuangan masyarakat meningkat, (KSM) Kelompk Swadya Masyarakat telah melaporkan peningkatan usaha. Dokumen RP2KP KP telah selesai.

Selanjutnya studi kelayakan untuk membangun  dan mengembangkan usaha baru BDC,  keterampilan KSM potensi yg difasilitasi BDC."Anggota KSM jumlahnya yang buka rekening meningkat, pelatihan tingkatan semakin meningkat dan review atas kurikulum TOT," jelasnya.

Ivan Kurniawan menambahkan, juga pemantapan komponen infrastruktur diantaranya jumlah besaran kawasan kumuh, wilayah kumuh berkurang, penerima manfaat merasa puas, BDC berjalan secara komperhensif, KSM memiliki usaha kecil yg potensial. Seluruh kelurahan masuk dalam RPTL Rencana Penanganan Tindak Lanjut. Jumlah aset infrastruktur terbangun dalam kondisi baik dan penerima manfaat langsung.

"Kemudian komponen informasi publikasi diantaranya material cetak dan materi audio visual sudah tersosialisasi serta evaluasi kajian tematik sudah mulai dilakukan,"imbuh Ivan Kurniawan

Kegiatan itu dihadiri Rini Andalusia sebagai PPK Program Kotaku, M Ridwan Kordinator Kota Program Kotaku, Melly TA infrastruktur dari KMW Kotaku Provinsi Lampung.(lis) 


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Usulan IJD Belum Ada Kepastian, Pj Gubernur: ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


Empat OPD di Metro Terima Penghargaan SAKIP ...

MOMENTUM, Metro--Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingk ...


Disdikbud Metro Gencarkan Program Ayo Sekolah ...

MOMENTUM, Metro--Ayo Sekolah menjadi salah satu program unggulan ...


Perbaiki Infrastruktur, Dinas BMBK Mulai Liba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BM ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com