Pemkab Pringsewu Gelar Seleksi Bacalonkakon

Tanggal 13 Jul 2018 - Laporan - 778 Views
Bupati Pringsewu Sujadi menyapa para perserta tes seleksi bacalonkakon

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten (pemkab) Pringsewu, Provinsi Lampung menggelar tes seleksi bakal calon kepala pekon/desa (bacalonkakon) untuk pemilihan kepala pekon serentak tahun 2018, Jumat (13/07). 

Tes seleksi yang berlangsung di aula kantor pemkab setempat itu, diikuti 39 bacalonkakon dari enam pekon di empat kecamatan. 

kepala Bina Pemerintahan Sekretariat Pemkab Pringsewu Dewanto Dwi Utomo mengatakan, seleksi itu khusus digelar untuk pekon yang memiliki bacalonkakon lebih dari lima orang.

"Kuota bakal calon kepala pekon untuk setiap pekon ditetapkan maksimal lima orang. Untuk pekon yang memiliki lebih dari lima bacalonkakan, maka kita gelar seleksi ini," kata Dewanto pada harianmomentum.com.

Dia merinci peserta tes seleksi itu: masing-masing enam orang dari Pekon Waluyojati, Kecamatan Pringsewu dan Pekon Pardasuka Selatan, Kecamatan Pardasuka, serta tujuh orang dari Pekon Margodadi Kecamatan Ambarawa.

Selanjutnya, dari Kecamatan Pagelaran ada tiga pekon. Rinciannya: enam orang dari Pekon Patoman, tujuh orang dari Pekon Pagelaran dan tujuh orang dari Pekon Padangrejo.

"Pelaksanaan tes seleksi ini mengacu pada pasal 26 Peraturan Daerah Kabupaten Pringsewu Nomor: 10 tahun 2015 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian kepala pekon," jelasnya.

Dia menambahkan, pilkakon serentak tahun 2018 di Kabupaten Pringsewu akan digelar di 59 pekon pada 10 Oktober mendatang.

"Dalam seleski ini peserta harus menjawan 70 soal  pilihan ganda dengan materi mengenai wawasan kebangsaan, pemerintahan dan pengetahuan umum," ungkapnya.

Bupati Pringsewu Sujadi saat membuka seleksi tersebut, berharap para peserta teliti dan memahami soal yang diberikan.

"Seleksi ini bertujuan,agar para bakal calon kepala pekon benar-benar mengusai tentang dasar-dasar pemerintahan. Mudah-mudahan semua peserta dapat lancar melaksanakn tes ini dengan baik," harapnya.(lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Usulan IJD Belum Ada Kepastian, Pj Gubernur: ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


Empat OPD di Metro Terima Penghargaan SAKIP ...

MOMENTUM, Metro--Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingk ...


Disdikbud Metro Gencarkan Program Ayo Sekolah ...

MOMENTUM, Metro--Ayo Sekolah menjadi salah satu program unggulan ...


Perbaiki Infrastruktur, Dinas BMBK Mulai Liba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BM ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com