Pagelaran Wayang Kulit Virtual, Wabup Pringsewu Ajak Warga Patuhi Prokes

Tanggal 27 Des 2020 - in SENI BUDAYA - 276 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menyerahkan karakter wayang kepada ki dalang, dalam pagelaran wayang kulit virtual di Kecamatan Gadingreio

MOMENTUM, Pringsewu--Pelestarian budaya menjadi salah satu prioritas program kerja Pemeritah Kabupaten Pringsewu. Karena itu, pemkab akan selalu mendukung upaya-upaya terkait pelestarian budaya yang dilakukan elemen masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Pringsewu Fauzi saat membuka pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di Dusun Tambahmulyo, Pekon/Desa Wates Timur, Kecamatan Gadingrejo, Sabtu malam (26-12-2020).

Wayang kulit yang diselenggarakan Sanggar Seni Swara Pringgodani Kabupaten Pringsewu berlangsung secara virtual. Disiarkan melalui  LPPL Radio Pringsewu 107.2 FM dan live streaming.

"Wayang kulit ini bagian dari budaya lokal yang berkembang dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat Pringsewu. Karena itu, Pemkab Pringsewu sangat mendukung pagelaran wayang kulit ini sebagai salah satu upaya pelestarian budaya," kata wabup.

Wayang kulit dengan dalang Ki Teguh Surono dan Ki Gunawan itu mengetengahkan lakon (cerita) Sirno Sukertone Bumi.

"Cerita wayang ini selaras dengan apa yang menjadi harapan seluruh bangsa Indonesia agar pandemi Covid-19 segera hilang dari muka bumi," kata wabup.

Karena itu, wabup mengingatkan seluruh masyarakat Pringsewu agar selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan: memakai maskar, jaga jara, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

"Memutus mata rantai penularan covid-19, harus dilakukan secara bersama. Karena itu, mari patuhi imbaun pemerintah dengan salalu menerapkan protokol kesehatan," imbaunya. 

Dia berharap, selain sebagai hiburan dan upaya pelestarian budaya, pagelaran wayang kulit itu bisa menjadi sarana sosialisasi menggugah kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Mudah-mudahan melalui cerita wayang ini kita bisa memetik pelajaran dan hikmah untuk senantiasa mawas diri. Kompak dan bersatu melakukan upaya pencegahan penularan covid-19," harapnya. (**)

Laporan: Sulistiyo

Editor: Munizar

Comment

Berita Terkait


Bupati Pesawaran Diberi Gelar Umpu Bukuk Jadi ...

MOMENTUM, Tegineneng--Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona menerima a ...


Adipati Resmikan Pembangunan Padepokan PSHT ...

MOMENTUM, Baradatu--Pencak silat merupakan seni bela diri yang me ...


Pagelaran Wayang Kulit Virtual, Wabup Pringse ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pelestarian budaya menjadi salah satu priori ...


Curahan Hati Ibu di Panggung Puisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Hari ibu belum usai. Hari-hari adalah ha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com