YKWS Gelar Workshop STMB di Pringsewu

Tanggal 24 Jul 2018 - Laporan - 830 Views
Workshop Sanitasi Total Berbasi Masyarakat yang digelar YKWS di Kabupaten Pringsewu

Harianmomentum.com--Pemerintah Kabupaten Pringsewu bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Way Seputih  (YKWS) menggelar workshop penyusunan peraturan pekon tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Selasa (24/-07/2018).

Agenda yang diikuti para kepala pekon/desa, dan instansi terkait itu, berlangsung di Hotel Regency, Kecamatan Gadingrejo. Wakil Bupati Pringsewu Fauzi dalam sambutanya berharap, workshop tersebut dapat meningkatkan pemahaman kepala pekon terhadap  pentingnya regulasi dalam mempertahankan kondisi bebas buang air besar sembarangan atau open defecation free (ODF).

"Melalui worshop ini dapat diketahui bagaimana a cara menyusun rumusan bersama tentang kondisi ODF yang eksis. Sehingga bisa menjadi bahan untuk penyusunan peraturan pekon," kata Fauzi.

Perwakilan YKWS Febrilia Ekawati menerangkan, yayasan tersebut  adalah lembaga yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya air. Tujuannya mewujudkan pengelolaan sumber daya air secara terpadu, kususnya  di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Seputih dan Sekampung.

Dalam pelaksanaan program tersebut, YKWS melakukan pendampingan dalam pengembangan hutan rakyat, pengembangan energi terbarukan dan pengembangan ekonomi kerakyatan melalui kelembagaan koperasi di beberapa kabupaten: Lampung Tengah, Lampung Timur, Tanggamus, Lampung Utara dan Kabupaten Pringsewu. 

"YKWS sendiri mempunyai visi untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya air terpadu berbasis masyarakat terutama di DAS Way Seputih dan DAS Way Sekampung," terangnya.

Dia menambahkan, tujuan  workshop tersebut   adalah peningkatan kapasitas dari peserta (kepala pekon) dalam penyusunan peraturan pekon. (lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Usulan IJD Belum Ada Kepastian, Pj Gubernur: ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


Empat OPD di Metro Terima Penghargaan SAKIP ...

MOMENTUM, Metro--Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingk ...


Disdikbud Metro Gencarkan Program Ayo Sekolah ...

MOMENTUM, Metro--Ayo Sekolah menjadi salah satu program unggulan ...


Perbaiki Infrastruktur, Dinas BMBK Mulai Liba ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BM ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com