Debat Publik Pilkada Waykanan, Protokol Kesehatan Lebih Ketat

Tanggal 04 Nov 2020 - Laporan - 976 Views
Debat Publik Pilkada Waykanan tahun 2020

MOMENTUM, Blambanganumpu--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Waykanan kembali akan menggelar debat publik calon kepala daerah kabupaten setempat. 

Debat yang akan dihelat di Gedung Serba Guna Pemkab Waykanan, Rabu malam (4-11-2020) merupakan yang ketiga kali digelar oleh KPU setempat.

Sama seperti dua debat sebelumnya, KPU tetap mengedapankan penerapan protokol kesehatan. Bahkan lebih ketat dari dua debat sebelumnya. Jika pada dua debat sebelumnya, KPU menyiapkan layar monitord i halaman GSG untuk para menyaksikan debat tersebut. Maka pada debat ketiga ini, tidak lagi disediakan layar monitor, untuk mencegah kerumunan massa. 

Selain itu, seluruh peserta debat wajib mematuhi aturan protokol kesehatan: memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebelum masuk ke tempat acara.

"Kita tetap terapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan covid. Sesuai Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020, debat publik hanya dihadiri oleh Pasangan Calon, dua orang perwakilan Bawaslu Kabupaten, empat orang tim kampanye masing-masing  pasangan calon, dan lima  anggota KPU Kabupaten," kata Ketua KPU Waykanan Refki Dharmawan pada Harianmomentum.com.

Dia meminta, agar pasangan calon mengarahkan pendukungnya  untuk menyaksikan debat menggunakan aplikasi daring (dalam jaringan/online):  Akun Facebook KPU Waykanan dan Radar Lampung TV Chanel 48 UHF dan akun Youtube Radar Lampung TV.

Terkait pengamanan, menurut dia, sepenuhnya menjadi wewenang pihak kepolisian dan TNI.

"Kendaraan juga dilarang masuk ke area GSG, kecuali ambulans dan mobil keamanan. Pasangan calon turun di pintu luar, Mmbil Paslon diarahkan parkir di halaman Pemkab Waykanan. Saat pulang, mobil diatur secara bergiliran sesuai nomor urut untuk penjemputan calon," jelasnya.

 Masih menurut Refki, pada debat sesi ketiga ini Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 1: Juprius-Rina Marlina akan beradu visi-misi dengan Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Nomor Urut 2: Raden Adipati Surya-Ali Rahman.

"Tema debat kali ini 'Inovasi dan Sinergi Pembangunan Daerah untuk memperkuat NKRI.' Debat akan dimoderatori oleh Erina Pane  Akademisi UIN Raden Intan Bandarlampung," ungkapnya. (**)

Laporan: Novita Sari

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Mantap Maju Pilwakot, Iqbal Ardiansyah Daftar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua KNPI Lampung Iqbal Ardiansyah mera ...


Maju Pilkada 2024, Caleg Terpilih Harus Mundu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim ...


Ketua KPU Diduga Cawe-cawe Soal Rekrutmen PPK ...

MOMENTUM, Kotabumi--Proses rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan ...


Pilbup Tanggamus, Saleh Asnawi Resmi Gabung G ...

MOMENTUM, Tanggamus--Tokoh masyarakat Kabupaten Tanggamus yang ju ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com